PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR BERBASIS CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Alifia Ayu Novianti, Tri Linggo Wati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan media teka-teki silang bergambar berbasis cerita serta menunjang pembelajaran yang melibatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini akan mengungkap bagaimana media pembelajaran inovatif ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan, khususnya dalam mengolah informasi, menemukan ide pokok, dan menarik kesimpulan. Kemampuan membaca pemahaman merupakan kemampuan dasar yang dibutuhkan siswa dalam berbagai jenjang pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Media teka-teki silang bergambar berbasis cerita dipilih karena dianggap mampu memberikan pendekatan yang menarik dan interaktif, sehingga dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mereka. Penelitian ini juga menjelaskan pentingnya peran guru untuk penerapan media pembelajaran yang tepat untuk siswa. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas III SDN Lebo Sidoarjo dan berjumlah 38 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Pre Experimental dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan IBM SPSS Statistik.

Keywords


Media TTS bergambar, membaca pemahaman, cerita

References


Adinda Dwi Damayanti, & Ibnu Muthi. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 211–225. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.590

Ayu Sulistyaningsih, D., Kurnianto, A., Tyas Ananta, A., Kurniati, A., Anggun Mellenia, C., Anisah Putri, D., & Alfalatul Hidayat, D. (n.d.). Penerapan Media Teka-Teki Silang (TTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pelajaran IPS. South Sumatera.

Aziz, M. F. A., & Alfurqan, A. (2023). Penggunaan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 23164–23169. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10270%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/10270/8254

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 56/1 Desa Aro Dengan Metode Circ. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Dalman. (2021). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.

Dhenada Aprillya Saputri, W. S. (2024). Analisis keterampilan membaca pemahaman siswa kelas iii sekolah dasar dalam konteks implementasi program literasi sekolah. Jpgsg, 12, 29–39.

Farid Abdul Aziz, M. (n.d.). Penggunaan Media Teka Teki Silang (TTS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar.

Fitriyani, D. (2020). Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Metode SQ3R. Jurnal Pesona, 3(1), 43–49.

Hidayat, S., Anggraeni, F. D. R., & Mukhlishoh, S. (2020). Pengembangan Buku Bergambar Bertekstur Dilengkapi Teka-Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi Sub Materi Jaringan Epitel Kelas XI SMA. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 1(1). https://doi.org/10.32939/symbiotic.v1i1.2

Karsono, F. H. L. (2020). Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan ketrampilan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 4–10. https://doi.org/10.20961/jpd.v8i1.41026

Mumpuni, A. (2023). Epistemik Calon Guru Sd Dalam Mempersiapkan Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4902

Munawaroh, F. H., Ilmiah, U., & Niswa, B. (2021). Model dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar (Pertama). Scopindo Mediapustaka.

Nisa, S. Z., Enawar, & Latifah, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret pada Siswa Kelas 4 SDN Karangharja 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7893–7899. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3689

Nopriani, H., & Pebrianti, I. T. (2021). Membaca Komprehensif (Pertama). Deepublish Publisher.

Nurdiansyah, A., Gunawana, A., & Sari, M. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.56393/lentera.v3i2.1826

Oktavia, M., & Witri, G. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN KOMAT DECOMA (KOMIK MATEMATIKA DESAIN COVID-19 KELAS LIMA) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i1.147

Rosnani, M., Lian, B., & Sari, M. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Teka-Teki Silang Bergambar Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2).

Setiadi, I. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938

Sujarweni, V. W. (2024). Metodologi Penelitian (Pertama). Pustaka Baru Press.

Sukmawati, Jamaludin, Kumbara, Irna, Cahya, Madina, Olha, & Nanang, &. (2022). PEMANFAATAN TEKA TEKI SILANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKN. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Sulfasyah, Ernawati, & F. (2021). Profil pengajaran membaca pemahaman siswa sekolah dasar: siapkah mengantar siswa menuju society 5.0? Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 277–288.

Sunarti, S. (2021). Pembelajaran Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar (Moh. Nasrudin, Ed.; Pertama). PT. Nurhidayah.

Sunarto. (2020). Peningkatan Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Negeri 40 Tombo-Tombolo Kabupaten Jeneponto. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Syah, M. (2020). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Theresia, M., Rahimah, A., Aulia, W., Pendidikan, I., & Selatan, T. (n.d.). RESPON SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 200111 PADANGSIDIMPUAN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA TTS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA.

Wulansari, L. A., Agustini, F., & Handayani, D. E. (2024). Pengembangan Media Etilang (Evaluasi Teka-Teki Silang) Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas V Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 4(2), 474–483. https://doi.org/10.26877/jwp.v4i2.18717

Yuningsih, R., & Kurniasari, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Bergambar Dan Permainan Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty, 10(1), 1. https://doi.org/10.32832/hearty.v10i1.4786




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4862

Article Metrics

Abstract view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.