PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS II SD

Rifda Zulvia Salsabila, Yuyu Yuhana, Trian Pamungkas Alamsyah

Abstract


Media pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik itu menjadikan minat dan semangat belajar peserta didik meningkat, tentu dalam pembelajaran matematika ini dibutuhkannya media pembelajaran interaktif yang dapat menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif saat pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan media oleh guru, proses pengembangan media, kelayakan media, peningkatan kognitif peserta didik terhadap penggunaan media, dan respon peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan R&D (Research and Development). Model pengembangan ADDIE terdapat beberapa tahapan yakni Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian didapatkan bahwa media smart box matematika belum pernah digunakan oleh guru karena keterbatasan ide dalam membuatnya sehingga membutuhkan kolaborasi dalam pembuatan, media ini layak untuk digunakan berdasarkan hasil dari beberapa validasi ahli serta dapat meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik.


Keywords


Media pembelajaran, Smart Box Matematika

References


Agustin, S, E., et all. (2023). Pengembangan E-LKPD Google Slideberbasis Pear DeckPada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan,8 (4), 2614-2620.

Amalia, C., at all. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol.6 (2), 265-275.

Fitriya, A, P., et all. (2024). PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI INOVASI MEDIA . Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan,5(3), 1512-1522.

Handayani, S, F., et.all. (2024). Penerapan Media Bahan Ajar Smartbox Dalam Pembelajaran BIPA Pada Materi Pengenalan Kuliner Etnis Simalungun. JICN : Jurnal Intelek Dan Cendekiawan Nusantara, 1(3), 3303–3304.

Indrawati, F. (2023). Matematika dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.

Kristanto, D. H., et.all. (2024). Pengembangan Media Kotak Pintar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian & Pembagian Kelas II SD. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 880-887.

Nasa'i, A., dan Sari, R, N. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education Vol 6(1), 1707-1714 .

Nerita, S., Hartati, Y. S., Maizeli, A., dan Afza, A. (2018). Validitas Handout Berbasis Penemuan Terbimbing pada Perkuliahan Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 4, No. 2, Hal. 51-55.

Oktavia, J.,et.all. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554.

Rahayu, R., et.all. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Saputri, D., et all. (2023). Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan Untuk Menilai Produk yang Dikembangkan Pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan. BIOLOGY AND EDUCATION JOURNAL, 3(2), 133 – 151.

Susilana, R., et.all. (2018). Media Pembelajaran . Bandung: CV Wacana Prima.

Triyanti., et all. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN SCRABBLE SISTEM PEREDARAN. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 158-167.

Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan matematika, 9(3), 307-317.

Yuliani, W., et.all. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (RnD) Dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta, 5(3), 111-118.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4872

Article Metrics

Abstract view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.