PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO DENGAN TEMA CINTA TANAH AIR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Safira Salsabila, Dian Nuzulia Armariena, Marleni Marleni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan keterampilan berpidato atau berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode show and tell  dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 196 Palembang pada kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantiatif dengan jenis penelitian eksperimen, eksperimen semu bentuk non-equivalent control group design, post test only. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu berjumlah 48 siswa, dari kelas V.A dan V.B. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan dependent sample t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai  >  yang artinya berdasarkan pengujian hipotesis   ditolak dan  diterima. Hal ini berarti ada pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berpidato dengan tema cinta tanah air siswa kelas V di SD Negeri 196 Palembang.


Keywords


speech, show and tell method, theme, love of the homeland.

References


Ahmed, M., Damayanti, R., Karim E.B.K, S., & Leone, S. (2023) Efforts to Improve The Show and Tell Method on Speaking Skills in Class V Student. Jurnal Caksana:Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2), 70-77.

Ari P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Show And Tell Pada Anak TK Kelompok B TK ABA Kasihan. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitria, N. (2020). Pengembangan Kepercayaan Diri melalui Metode Show And Tell Pada Anak In jurnal AUDHI (Vol.3, Issue 1).

Gunawan, I. Z., & Otang K.Z. (2021). Analisis Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 188 Pekanbaru. EL BIDAYAH, 3(1), 1-10.

Henry G.T. (2021). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA.

Nazla, T., & Fitria, N. (2020). Pengembangan Kepercayaan Diri melalui Metode Show And Tell Pada Anak. Injurnal AUDHI (Vol.3, Issue 1).

Rani, O. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Show And Tell Dengan Muatan Nilai Moral Islami Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas II MI Al-Islami. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sakka, Syafri Bin, Nurhadi Nurhadi, and Esti Swastika Sari (2023). “Analisis Wacana Kritis Model Teun A. Van Dijk Pada Pidato Presiden di Ktt Ke-42 Asean.” Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan 3.2 : 93-102

Selegi, S. F., & Murjainah. (2021). Landasan Pendidikan. Bandung: Media Sains Indonesia

Toyidin. (2023). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Bandung:Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4878

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.