PENERAPAN TRANSISI PAUD KE SD UNTUK PEMENUHAN FONDASI ANAK DI KELAS I SD NEGERI 5 RAMBANG
Abstract
Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan fase yang penting dalam perkembangan anak, yang melibatkan penyesuaian sosial, emosional, serta adaptasi terhadap kurikulum yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami strategi yang diterapkan dalam mendukung transisi PAUD ke SD di SD Negeri 5 Rambang. Fokus utama penelitian ini adalah penerapan strategi transisi yang efektif, yang meliputi adaptasi lingkungan dan pengembangan keterampilan sosial anak. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai proses transisi. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya pemenuhan fondasi perkembangan anak, baik dari segi kognitif, sosial, emosional, maupun psikomotorik, serta memberikan rekomendasi praktis bagi guru dan orang tua dalam mempersiapkan anak-anak menghadapi pendidikan yang lebih formal dan kompleks.
Keywords
References
Bidi, U. (2023). Implementasi kurikulum merdeka episode 24 (transisi paud-sd yang menyenangkan) di sdn 01 duhiadaa pohuwato. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 1(1), 116–120. https://pendidikan.e-jurnal.web.id/index.php/terbaru/article/view/20
Damayanti, R. A. (2024). Hubungan Aktivitas Seni Dalam Mendorong Kreativitas Dan Kecerdasan Psikomotorik Pada Perkembangan Pembelajaran Anak Usia Dini. joCE: Journal Of Community Education, 4(1), 72–78. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Fukkink, R. G., Sluiter, R. M. V., & Fekkes, M. (2024). Transition from childcare to school: Surgency, center-based care and caregiver-child relationship predict self-regulation, social competence and well-being. Learning and Individual Differences, 110(June 2023). https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102409
Juniarti, F. (2018). Meningkatkan Percaya Diri Anak Pada Aspek Kognitif Dengan Metode Bercerita. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1), 23–37.
Koivuhovi, S., Kilpi-Jakonen, E., Erola, J., & Vainikainen, M. P. (2025). Parental involvement in elementary schools and children’s academic achievement: A longitudinal analysis across educational groups in Finland. Research in Social Stratification and Mobility, 95(December 2024), 101007. https://doi.org/10.1016/j.rssm.2024.101007
Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633
Marcineková, T., Borbélyová, D., & Tirpáková, A. (2020). Optimization of children’s transition from preschool and family environment to the first grade of primary school in Slovakia by implementation of an adaptation programme. Children and Youth Services Review, 119(June), 105483. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105483
Massyura, M., Rizqi, T. F., & Setiawan, D. S. (2024). Pembelajaran Penjas Anak Usia Dini: Literature review. Seminar Nasional Lppm Ummat, 3, 657–664.
Mok, S. Y., Lockl, K., & Neuenschwander, M. P. (2024). Elementary school students’ metacognitive knowledge and its effects on teacher judgments, school track recommendations, and school transitions. Learning and Individual Differences, 112(February), 102456. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102456
Musfita, R. (2019). Transisi PAUD ke Jenjang SD: Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 412–420.
Pebriani, I., Handayani, K., Insan, U., Indonesia, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2024). Mewujudkan transisi yang lancar:strategi menarik dalam mendukung anak menuju sd dari paud. JISMA:Journal of information systems and management, 03(02), 94–98.
Pratiwi, D. A. A. (2024). Policy Study Early Childhood Education to Elementary School Transition. International Journal of Multidisciplinary Sciences, 2(2), 122–132. https://doi.org/10.37329/ijms.v2i2.2314
Rahakbauw, H., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola Abcd-Abcd. Jurnal Buah Hati, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1696
Reza, M., & Asbari, M. (2024). Transisi PAUD ke SD: Solusi Pendidikan Menyenangkan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 7–10.
Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510
Utomo, B., Oktavia, M., Heldayani, E., Asiyah, S., & Putri, M. kusuma. (2022). Analisis Kerentanan Sosial Di Kabupaten Ogan Ilir. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi, 7(1), 79–87. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v7i1.7462
Wicaksono, A., Nafi’ah, A., Winona, A., & Muhid, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 4(2), 409–410. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/1635
Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan : Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6(SEMDIKJAR 6), 1982–1988. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/4012
Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996
Yuli Fitria. (2022). Kemampuan Adaptasi Psikososial dengan Kemunculan Perilaku bermasalah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 229–236. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i2.510
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4908
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.