PENGGUNAAN MEDIA QR CODE SEBAGAI ALAT BANTU PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media QR Code sebagai alat bantu dalam pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) pada pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri Banda Aceh serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B yang berjumlah 55 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi terkait implementasi QR Code dalam PTS. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QR Code dalam PTS meningkatkan efisiensi distribusi soal dan proses penilaian, mengurangi penggunaan kertas, serta meningkatkan motivasi siswa. Faktor pendukung keberhasilannya meliputi kesiapan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi serta efisiensi waktu dalam pelaksanaan ujian. Namun, terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat, gangguan koneksi internet, serta kesulitan adaptasi bagi beberapa siswa. Untuk mengatasi kendala ini, sekolah dapat menyediakan perangkat cadangan, meningkatkan infrastruktur jaringan, serta memberikan pelatihan bagi guru dan siswa. Dengan dukungan optimal, QR Code berpotensi diterapkan dalam evaluasi pembelajaran lainnya di sekolah dasar.
Keywords
References
Agustini, S. (2021). Penerapan media pembelajaran Qr Code berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar Akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 1-10.
Ainiyah, & R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Gymnospermae Di Kelas X SMA Negeri I Jombang. SKRIPSI Jurusan Biologi - Fakultas MIPA UM, 43–51.
Alfian, R., & Haryani, S. (2021). Challenges of digital assessment implementation in elementary schools during COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 145–152. https://doi.org/10.23887/jpd.v9i2.37821
Alviyatun Endah Saputri, Heri Maria Zulfiati (2024) Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Media Flashcard Berbasis Qr-Code Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (1).
Anisa Zuraida Eka Yanti, Pinkan Amita Tri Prasasti, Madiun Ivayuni Listiani (2024). Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis QrCode Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model PBL Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. 5
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azzahra, T. (2023). Pengaruh Financial Technology Payment, Financial Attitude, dan Financial Knowledge terhadap Financial Management Behavior bagi Mahasiswa di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Balandin, S., Oliver, I., Boldyrev, S., Smirnov, A., Shilov, N., & Kashevnik, A. (2010). Pemanfaatan Augemented Reality Sebagai Meddia Pembelajaran.
Etin Solihatin, Jhoni Lagun Siang, Roby Ibnu Syarifain, Alrik La Pian, Olivia C. Wuwung, Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, Jeane Marie Tulung, Esa Aryo Kuncoro, Aldjon Nixon Dapa, And Alwi. “Development Of Qr Code-Based Character Education Teaching Materials.” Review Of International Geographical Education Online (2021).
Fadillah, A. (2021). Tantangan guru dan Pengaruh Teknologi dalam Mendidik Di Abad 21.
Fajar Anisa Handayani & Titik Haryati (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code SebagaiUpaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD Di SMP Negeri 6 Semarang
Fidiyah, E., Prihastuti, L., Rosianaldy, A., Salsabila, M., Wardani, A. E., & Styaningrum, F. (2023). Pendampingan adaptasi teknologi untuk mengoptimalkan pembelajaran daring pada sekolah dasar. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2). https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v7i2.2828
Hidayat, N. Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Pengajarah, 2(1), 10–15.
Ishak Naim, M., & Sahabuddin (Ed.). (2023). Metodologi penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, Mix Methods, Deskriptif dan Pengembangan. Makassar: UNM. ISBN 978?623?387?208?9.
Khotijah, K., & Arifin, A. (2021). Desain Dan Implementasi Mobile Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah. 23(1), 109-126.
Klara Elinda Fakhira, Muhamad Parhan, And R. K. (2020). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Sistem Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa,” Inovasi Kurikulum. 69–76.
M. Ardiansyah (2020) . Analisis Penilaian Tengah Semester Menggunakan Sistem Cbt Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smk Islam Perti Jakarta
Majid, R. A., Apriliya, S., & Suryana, Y. (2021). Media Pembelajaran Quick Response Code (QR Code) Berbasis Kartu Puisi di Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 5. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.36314
Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5, 53–77.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. JURNAL PETIK, 3(1), 28.
Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Formative evaluation in educational design research. In T. Plomp & N. Nieveen (Eds.), Educational design research - Part A: An introduction (pp. 152–170). Netherlands Institute for Curriculum Development.
Park, J., & Kim, D. (2017). Digital assessment in elementary schools: A comparative study between South Korea and Finland. International Journal of Educational Technology, 14(1), 44–57. https://doi.org/10.24059/olj.v14i1.10124
Putra, M. A., & Diniaty, A. (2020). Kesiapan guru dalam menerapkan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(1), 12–21. https://doi.org/10.21831/jep.v11i1.30619
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5),
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 9661–9669. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.4737
Rahmawati, T. (2023). Science Learning Management Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 533–541. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.3152
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Berbasis Pembelajaran Teknologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar.
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran
Saputri, A. E., & Zulfiati, H. M. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS QR-CODE DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2467-2479.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Tes Berbasis Komputer (CBT) Menggunakan Pendekatan Terstruktur Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi. Jurnal Petik, 1(1), 68.
Wahyuni, I., & Ardiansyah, M. (2022). Problematika penilaian digital di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.21009/JIPD.061.03
Zahra Fitriyan (2023) – Literasi digital dan ketersediaan perangkat berperan penting dalam keberhasilan teknologi pendidikan.
Zamroni, Z., Prasetyo, R., & Safitri, M. (2023). Penilaian berbasis teknologi dalam pendidikan dasar: Studi literatur. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(3), 195–210. https://doi.org/10.21009/jtp.253.06
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4921
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.