ANALISIS ALIH KODE PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN IPAS
Abstract
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka. JPPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 1841–1854.
Ansar, F. A. (2017). Code switching and code mixing in teaching-learning process. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 10(1), 29–45.
Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikatif, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cantone, K. F. (2007). Code-switching in Bilingual Children. (L. Frazier, T. Roeper, & K. Wexler, Ed.) (Vol. 37). Netherlands: Springer.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmiah, D. (2021). Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(1), 165–180. https://doi.org/10.22373/jm.v11i1.9333
Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods in Social Research. United States of America: The McGraw-Hill Company.
Fajrin, A. A., Hajidah, L., Arifa, Z., & Basid, A. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.15294/la.v11i2.57968
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., … Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hayudinna, H. G., & Muzkiyah, A. (2024). Analisis Kemampuan Bernalar Kritis pada Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2438–2447.
Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. (Y. Sartika, Ed.) (1 ed.). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publications. London: Sage Publications.
Nurhidayati, V., Ramadani, F., Melisa, F., & Setiawati, M. (2023). Hakikat Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Edusociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 73–83.
Prihandini, A., Bustam, M. R., & Heriyati, N. (2016). Campur dan Alih Kode pada Pola Komunikasi Antar Dosen dan Mahasiswa di Lngkungan Unikom dalam Aplikasi Media Sosial - Kajian Sosiolinguistik. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(2), 173–184. https://doi.org/10.34010/miu.v14i2.4724
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 20(1), 75–94.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. (Syahrani, Ed.), Antasari Press (1 ed.). Banjarmasin: Antasari Press.
Ramli, M. (2015). Hakikat Pendidik dan Peserta Didik. Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 61–85.
Sitohang, M. N. M., Usadiati, W., & Karani, E. (2021). Types and Reasons of Code-Switching in Teaching Process of the Eleventh Grade Teachers in Senior High Schools in Palangka Raya. Journal Compound, 9(1), 24–31.
Sudarja, K. (2019). Alih Kode dan Campur Kode dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2, 35–49.
Sugih, S. N., Maula, L. H., & Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suhardianto, & Afriana. (2022). The Types and Factors of Code Switching in “English Time” Course. Jurnal Ide Bahasa, 4(1), 53–62. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v4i1.85
Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., … Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Wahyuni, R. D., Andayani, & Sumarwati. (2023). Penyebab Alih Kode dan Campur Kode antara Mahasiswa Kampus Mengajar dan Siswa SDN 2 Jenawi. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(2), 183–192. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/lf.v7i2.19373
Wardhaugh, R. (2010). An Introduction to Sociolinguistics SIXTH EDITION.
Wei, L. (2000). The Bilingualism Reader. Routledge. Canada. https://doi.org/10.4324/9781003060406-13
Yao, M. (2011). On Attitudes to Teachers’ Code-switching in EFL Classes. World Journal of English Language, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.5430/wjel.v1n1p19
Zai, K., Telaumbanua, S., & Purba, C. A. (2023). Code Switching and Code Mixing in Learning Activities by a Teacher at a Primary School (Alih Kode dan Campur Kode dalam Kegiatan Pembelajaran oleh Guru di Sekolah Dasar). KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 7, 173–194.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4931
Article Metrics
Abstract view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.