PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 77 PALEMBANG

Siti Zaleha, Andi Rahman, Hikmah Lestari

Abstract


Model kooperatif tipe Make A Match (mencari pasangan) ialah siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Make A match terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SDN 77 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen Kuantitatif dengan desain True Experimental Design dan pendekatan Posttset Only Control Design. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SDN 77 Palembang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB yang berjumlah 39 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Total dimana terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB yang berjumlah 39 siswa. Besrdasarkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh kelas IVA sebesar 70 dan kelas IVB sebesar 85. Pengujian hipotesis data penelitian ini menggunakan uji indenpedent sample t-test dengan kriteria pengujian yaitu Ha diterima jika thitung > ttabel. Diperoleh dengan nilai yaitu (thitung) 3.912 > (ttabel) 1.687 dan sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dari perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak atau hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe Make A match terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN 77 Palembang.

References


Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372

Amrina & Lestari. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII 2 SMP Negeri 10 Palembang Pada Materi Teks Surat Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 28.

Fitri, e. a. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan perbukuan.

Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hasanah & Himami. (2021). model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. jurnal studi kemahasiswaan.

Rachman, E. F., & Setiyawati, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 489–496. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.287

Sitompul, H. S., & Maulina, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid. Sitompul, Maulina, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i1.1008

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4936

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.