PENGEMBANGAN MEDIA EPIK (ENSIKLOPEDIA PANCASILA INTERAKTIF DAN KREATIF) MATERI PANCASILA DALAM DIRIKU UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurhikmah Amelia Putri Hendri, Zaka Hadikusuma Ramadan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan media EPIK (Ensiklopedia Pancasila Interaktif dan Kreatif) yang valid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data primer berasal dari guru, siswa, dan validator, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, artikel, dan penelitian relevan sebelumnya. Teknik dan instrumen pengumpulan data meliputi lembar panduan wawancara dan lembar angket validasi dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta angket tanggapan dari guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan saran dan komentar, serta secara kuantitatif berdasarkan skor validasi dan tanggapan. Hasil validasi media EPIK menunjukkan kategori “sangat valid” tanpa revisi. Aspek materi memperoleh persentase sebesar 88,8%, aspek bahasa 98,8%, dan aspek media 97,6%, semuanya termasuk dalam kategori sangat valid. Tanggapan dari guru dan siswa terhadap media ini mencapai skor rata-rata 100% dalam kategori “sangat baik.” Oleh karena itu, media EPIK dinilai layak digunakan sebagai media pembelajaran Pancasila di sekolah dasar karena memenuhi aspek validitas isi, bahasa, dan media, serta mendapatkan respons positif dari pengguna

Keywords


Media pembelajaran, EPIK (Ensiklopedia Pancasila Interaktif dan Kreatif), Validitas media

References


Daniyati, A., Saputri, I. B., Wijaya, R., Septiyani, S. A., & Setiawan, U. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 282–294.

Fadhilah, R., Auliaty, Y., & Wardhani, P. A. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Tanaman Hias Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Educational Technology Journal, 2(2), 29–37. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37

Hasanah, A. F., Lian, B., & Dedy, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis EMIPA (Ensiklopedia Mini Pancasila) Materi Simbol dan Makna Silasila Pancasila Kelas III SDN 23 Palembang. Indonesian Research Journal On Education, 2(3), 1078–1083. https://doi.org/10.31004/irje.v2i3.52

Hermanto, H., Sudaryanto, S., & Febriana, C. (2020). Pengembangan Buku Berbasis Ensiklopedia Untuk Mata Kuliah Budaya Indonesia Program Darmasiswa. Pena Literasi, 3(1), 20. https://doi.org/10.24853/pl.3.1.307-315

Juniar, N. H., Fadhillah, D., & Hasan, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Pkn Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pancasila Di Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri Bubulak 1 Kota Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 2097–2107.

Lathifah, D. A., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Karakter Pada Kelas IV SDN 2 Borokulon. Jurnal Educatio, 7(4), 1570–1578.

Malikah, B. U., & Jannah, A. N. (2023). Analisis Kevalidan Pengembangan Ensiklopedia Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas III Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya.

Nugraha, I. B. S., Ashari, A., & Suyoto, S. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Education and Government Wiyata, 2(3), 226–238. https://doi.org/10.71128/e-gov.v2i3.121

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749–757.

Ridiyanto, & Wibawa, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Peserta Didik Kelas IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03).

Subarjo, A. H., Retnowati, N. D., & Alafiah, Y. A. (2022). Media Edukasi Interaktif Pembelajaran Pancasila Berbasis Mobile. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(2), 411–420.

Suryani, S., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Transformasi Pembelajaran Pancasila: Keunggulan Media Pembelajaran Interaktif “Sibola Lala” Bagi Siswa kelas 1 SD. Jurnal Educatio, 10(2), 568–576. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8703

Tristiyono, D., & Carolina, H. S. (2024). Pengembangan Ensiklopedia Digital pada Pelajaran Ekosistem Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 5(2), 53–65. https://doi.org/10.26740/jipb.v5n2.p53-65




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.4937

Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.