PENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SCRAPBOOK

Fadhila Marsya Afifah, Arifin Muslim

Abstract


Rendahnya sikap kemandirian dan prestasi belajar IPAS kelas V SD N 3 Purbalingga Lor adalah permasalahan yang dihadapi dalam penelitian. Tujuan dari penelitian agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan model PBL yang dibantu dengan media scrapbook . Metode yang diterapkan adalah metode PTK yang dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terbagi menjadi dua pertemuan. Subyek yang diamati yaitu kelas V SD N 3 Purbalingga Lor terdiri atas 12 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu teknik tes dan non tes yang memuat observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuanitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah terjadi peningkatan sikap kemandirian dan prestasi belajar. Hasil sikap kemandirian siklus I hanya 2,49 dengan kriteria kurang baik dan siklus II mencapai 3,29 termasuk kriteria sangat baik. Prestasi belajar siklus I persentase ketuntasan hanya 50% atau kriteria cukup dan siklus II 88% kriteria baik sekali. Penelitian membuktikan bahwa penggunaan model PBL yang dibantu media scrapbook dapat meningkatkan sikap kemandirian dan prestasi belajar.


Keywords


sikap kemandirian; prestasi belajar; PBL; scrapbook

References


Afni, N. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 1001–1004. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Ahyar, D. B. (2021). TEORI MODEL PEMBELAJARAN. In MODEL-MODEL PEMBELAJARAN (Pertama, p. 5). PRADINA PUSTAKA.

Angarini. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 1 LEDO.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi (Revisi). PT Bumi Aksara.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30–33.

Damayanti, M. (2017). PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK ( BUKU TEMPEL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 803–812.

Desfari, R. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 AEK BATU KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN.

Dwi Cahyani, I., Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Dongeng Fabel Terhadap Minat Literasi siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 337. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271

Fauzi, B. B. N., Qomaruzzaman, B., & ... (2023). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Inovasi Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP …, 9(4), 2093–2098. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6249

Febrina, A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning. In Model-Model Pembelajaran (p. 31).

Iftiyah, M. (2020). Membangun Kreatifitas Guru dengan Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 10(5), 1–6. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/840

Karomah, F., Alfi, C., Fatih, M., & Rofi, S. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Materi Kebudayaan Indonesia untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan |, 4(1), 18–25.

Lahir, S., Ma’ruf, H., & Muhammad, T. (2017). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN YANG TEPAT PADA SEKOLAH DASAR SAMPAI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).

Lestari, F. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Pembelajaran Kontekstual Pada Pembelajaran IPA. PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. c

Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8–11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1286/1047

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

N.K. Mardani, N.B. Atmadja, & I.N.Suastika. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Rambe, J. A., Erika, E., & Purba, N. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PKn Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 6(5), 7822–7830. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3615

Rizki, W., & Sulasmono, B. S. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(1), 73–80.

Safrina, & Cut, A. (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADA HORMAT DAN PATUH KEPADA GURU PENDIDIKAN. GURU: Jurnal Cendekia Profesi, 1(1), 149–153.

Saleh & Syahruddin, D. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran

Susilana R, R. C. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian (Pertama). CV WACANA PRIMA.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII_B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/409/253

Triwibowo, R., Badarudin, B., & Heru Muslim, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Kemandirian Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Tema 7 Di Kelas V Mim 01 Sambong. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020), 1–12. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2922




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5062

Article Metrics

Abstract view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.