UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN RODA PINTAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
References
Ain, R. N., & Ain, S. Q. (2024). Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1029-1036.
Dalimunthe, N. H., Ahkas, A. W., & Aufa, A. (2024). Implementasi Media Roda Suku Kata Untuk Meningkatkan Membaca Pemula Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 79-95. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/2559
Dewi, K., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Metoerbantuan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn Beber Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Progres Pendidikan, 1(3), 251-262.
Fitriyah, N. K., Ulfiana, U., Dewi, R. R., & Salimi, M. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 1, pp. 555-565).
Imanulhaq ,Rela .(2022). Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran . Jurnal Waniambey:Journal of Islamic Education . 3(2) .2722-9505 .
Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676.2598-9944. https://repository.alhikmahjkt.ac.id/uploads/Artikel_OBSESI.pdf
Mardiyanti, L., Maula, L. H., Amalia, A. R., Heryadi, D., & Ramdani, I. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Big Book Sukuraga di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6387-6397.
Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2605
Mustikawati, R. (2015). Upaya peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan metode suku kata (Syllabic method) pada siswa kelas I SD Negeri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta tahun 2014/2015. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 2(1).
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907
Nurlela, M. P. F., & Al Mufti, A. Y. (2023). Pengenalan Media Roda Suku Kata Untuk Membantu Keterampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 125-132. https://journals.eduped.org/index.php/jpsd/article/view/862.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2719
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60
Putri, I. Y. L., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Reading Spinner Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 495-500
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738-745. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/2581
Salsabilah, A. S., Muzamil, I. N., Juardi, I. F., Afifah, N. P. N.
, Herdiansyah, R. F. P., & Prihantini, P. (2024). Penggunaan Media Roda Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(2), 11943-11950. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/5003
Sugiharto, F. B., Chotimah, C., & Dominika, D. (2024). Penggunaan Metode Suku Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 125-142.https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/3373.
Soleha, R. S., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58-62. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/50
Yanti, E. (2022). Pengembangan media flash card berbasis kontekstual learning pada pembelajaran ips kelas iv sd negeri 83 lubuklinggau. Linggau Journal Science Education, 2(3), 26-.
Effendi, M. N., Amalia, A. R., & Sutisnawati, A. (2024). Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sd Negeri Bojongloa. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 474-492.
Yanuarsari, Revita.(2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Menggunakan Media Papan Flanel. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. 978-602-74311-5-7.
Kudsiah, Musabihatul. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary. 3(2). 2614-5596.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5083
Article Metrics
Abstract view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.