PENGEMBANGAN E-LKPD IPA DI SD BERBASIS HOTS DENGAN PENDEKATAN TPACK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SEKOLAH DASAR

Ananda Aulia Syifani, Encep Andriana, Nana Hendracipta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada materi perubahan wujud benda di Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan menggunakan platform Live Worksheets untuk menciptakan lembar kerja interaktif yang
mendukung keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk E-LKPD diuji validitasnya oleh ahli materi dan media, serta kepraktisan dan efektivitasnya melalui uji coba di SDN Serang 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran IPA.

References


Andriana, dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 10 (2) : 164.

Andriana, dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Pelajaran IPA. Prosding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Anita, dkk. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD Sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol 1 (2) : 43.

Apriyani, dkk. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunkan LKPD Berbasis HOTS Kelas IV SDN Tegal Dawa. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia), Vol. 1 (1) : 13.

Ariyana, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Asyhari, dkk. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter Melalui Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Student, Vol. 2 (2) : 1.

Aviyanti, Irna. (2020). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Ditinjau dari Status Sertifikasi, Lama Mengajar, dan Bidang Studi Guru. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Daryanto, Purwanto D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta : Gava Media.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Erika, dkk. (2022). Pemakaian Kalimat Efektif pada Tajuk Rencana Harian Umum Lampung Post Edisi Januari 2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bandar Lampung : 2.

Febriyanti, dkk. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Materi IPA Tema 7 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar. Fundadikdas, Vol. 3 (2) : 163.

Hadijah, Siti. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Lhokseumawe : STKIP Bumi Persada Lhokseumawe

Hasanah, Hasyim. (2016). Teknik- Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8 No. 1

: 21-46.

Muslich, Puspita M. (2017). Pengembangan Buku Ajar Subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku Melalui Strategi PQ4R dengan Pembelajaran Langsung di Kelas IV SD. Vol. 1 (1) : 5.

Nadhiroh, Nuraini. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Termodinamika. Lampung : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nizar, dkk. (2016). Pengembangan LKPD dengan Model Discovery Learning pada Materi Irisan Dua Lingkaran, Jurnal Elemen, Vol. 2

(2) : 162.

Nurdiana, Urip. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) melalui Jejaring Media Sosial Facebook dan Google Drive. Karya Tulis Simposium Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses.

Pertiwi, Faninda Novika. (2021). Dimensi Pengetahuan FPKM (Faktual, Konseptuak, Prosedural, dan Metakognitif) Mahasiswa IPA pada Pembelajaran Mekanika. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol. 6 (1) : 113-114.

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis Dan Praktik. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jokyakarta : Diva Press.

Purnawati, dkk. (2020). E-LKPD Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Pengembangan Sumber Belajar Pembelajaran Fisika. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 16 (2) : 126 –

Purba, Bona Riyah. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Dick and Carey pada Materi Himpunan di SMP Swasta Al-Himah Medan. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan.

Puspita, Vivi & Dewi, Ika Parma. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 (1) : 88.

Putra, I. G. D. (2020). Hasil Belajar Ips Menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Vol.4, 103–109.

Rahayu, dkk. (2021). Pengembangan LKPD Elektonik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 13 No. 2 : 112-118.

Rasuh, Novena Tesalonika. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Live Worksheets pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Rezeki, Sri. (2022). Pengaruh E-LKPD Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Animalia Kela

X di SMA Negeri 2 Gowa. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Rofiah, dkk. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 7 (2).

Rosyid, Abdul. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rusydiyah, Evi Fatimatur. (2019). Teknologi Pembelajaran Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Surabaya : UIN Sunan Ampel Press.

Sari, Bintari Kartika. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosding Seminar Nasional Pendidikan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : Rosdakarya.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Saintific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning. Vol. 4(2), 228–238.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i2.5259

Article Metrics

Abstract view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.