WORKSHOP PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL

Antonius Edy Setyawan, Anyan Anyan, Fatkhan Amirul Huda, P.E Chunoi

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda negara Indonesia telah memberikan dampak yang luar bisa di berbagai bidang termasuk juga bidang pendidikan. Sejak pandemi covid-19 di awal tahun 2020, seluruh jenjang sekolah ditutup untuk menghindari kerumunan dan memutus rantai penyebaran virus tersebut. Aktivitas pembelajaran yang seharusnya dilakukan di sekolah digantikan dengan sistem belajar dari rumah (BDR). Di masa pandemi covid-19 ini, sistem belajar dari rumah (BDR) belum berjalan secara optimal karena sebagian besar guru belum mampu memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran. Oleh alasan inilah, penulis merasa perlu untuk mengangkat tema kegiatan ini dengan memilih SMP Bukit Raya sebagai sasaran mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah berupa kegiatan workshop melalui ceramah, diskusi, dan praktikum selama 2 hari. Luaran yang menjadi target dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan aplikasi Google Classroom. Dari kegiatan PKM ini diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru terhadap penggunaan aplikasi Google Classroom dengan skor normalisasi gain 0.59 berada pada kategori sedang dan respon peserta terhadap materi workshop adalah sebesar 85,02% berada pada kategori sangat baik.

Keywords


workshop; google classroom; guru; SMP; covid-19

Full Text:

PDF

References


Ariyadi, D., Buntoro, G. A., & Astuti, I.P. (2017). “Pelatihan Media E-Learning Quipper bagi Guru di MAN1 Ponorogoâ€. Panrita Abdi Jurnal, 1(2), 135 – 140.

Azrul, A., Rukun, K., & Darmansyah. (2019). The Relationship Between Internal Locus Control And Students Perception Toward E-Learning in Biology Subject in Senior High School. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 14(2), 262–266. Retrieved from: http://www.ijpsat.ijshtjournals.org/index.php/ijpsat/article/view/899

Belawati, Tian. (2019). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Chaeruman, U.A. (2017). “Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daringâ€. In Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring di Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti.

Epignosis LCC. (2014). “e-learning Concepts, Trends, Applicationsâ€. In Epignosis LCC. Retrieved from https://www.talentlms.com/wpcontent/uploads/2018/09/elearning-101-concept-trendsapplications.pdf

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies: A guide for Designing and Developing e-learning Courses. Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Gusty, S, (Ed). (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19, Konsep, Strategi, Dampak, dan Tantangan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Katernyak, I., Ekman, S., Ekman, A., Sheremet, M., & Loboda, V. (2009). E-Learning: from Social Presence to coâ€creation in Virtual Education Community. Interactive Technology and Smart Education, 6(4),215–222. https://doi.org/10.1108/17415650911009182

Kristiana, A. I. (2014). “Model Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan Authentic Assessment pada Mata Kuliah Aljabar Linier Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jemberâ€. Kadikma, 5 (3).

Lestari, W. P., & Sujarwo, A. (2018). DevOps: Disrupsi Pengelolaan ICT Pendidikan Tinggi. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan. Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk Belajar. Prenada Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, (263–278).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpmk.v4i2.1445

Article Metrics

Abstract view : 179 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.