PENGEMBANGAN APLIKASI GOOGLE SITES SEBAGAI PENGUATAN LITERASI PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGANYAR

Wachid Pratomo, Nadziroh Nadziroh, Chairiyah Chairiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk pengembangan Google Sites pada pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 3 Karanganyar. (2) Untuk mengetahui kelayakan materi & informasi yang menggunakan Google Sites pada  pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 3 Karanganyar. Metode penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) dengan metode pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 5 langkah prosedur. Penelitian dilakukan di IV SDN 3 Karanganyar, waktu penelitian dilakukan pada tahun pembelajaran 2020/2021. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, wawancara & angket/kuisoner. Analisis data hasil kelayakan dilakukan dengan analisis data kualitatif & kuantitatif. Subjek  penelitian yaitu fokus dengan siswa kelas  IV SDN 3 Karanganyar. Tahap uji coba produk yang dilaksanakan yaitu uji coba lapangan secara terbatas dan uji coba lapangan secara luas. Sampel yang di gunakan menggunkan random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) dalam mengembangkan sistem informasi menggunakan aplikasi Google Sites sebagai penguatan literasi pembelajaran Tematik, dengan menyiapkan bahan dasar materi, perangkat pembelajaran, dan sumber refenrensi yang didapatkan di website resmi dan video edukatif menggunakan aplikasi dasar dari produk Google sites & fitur Google.inc lalu di integrasikan setiap langkah pembuatanya di inputkan kedalam produk website yang disusun oleh peneliti. Aplikasi pendukung dari pihak kedua dan ketiga yaitu  Corel Draw,Adobe Photoshop. Pixellab, Video Director, Freepik. (2) produk aplikasi Google Sites sebagai penguatan literasi pembelajaran tematik siswa baik/layak digunakan dengan  prosentase tertinggi setiap penilaiannya, ahli materi persentase nilai sebesar 93% dengan kriteria Sangat Baik, ahli media persentase nilai sebesar 76,7% dengan kriteria Baik, kepuasan guru persentase nilai sebesar 80 % dengan kriteria Baik. Selain itu persentase respon siswa setelah menggunakan prosuk website yakni 93,75% dengan kriteria Sangat Baik.

 

Kata Kunci: Google Sites, Literasi, Pengembangan, PPKn



Full Text:

PDF

References


Agustin, R. A., & Dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Pangkal Pinang: Universitas Bangka Belitung Press.

Anggraini, Desty Sinta. (2019). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pada Tematik Muatan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas IV SD Sokowaten Baru”. Jurnal TRIHAYU Pendidikan Ke SD an. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Volume 6, No. 1, Halaman 60. Jurnal diakses Pada tanggal 20 Januari 2021. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/7871/pdf

Ferismayanti. (2012). “Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh”. Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Hal. 1-12 Universitas Indonesia. Halaman 23-24. Jurnal diakses pada tanggal 13 Januari 2021. http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Google_Sites_dalam_Pembelajaran_Jarak_Jauh-ferismayanti.pdf

Firman Astria, Dkk. (2016). “Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web”. E-journal Teknik Elektro dan Komputer. Volume 5. No.2. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSRAT. Halaman 14, 15. Jurnal diakses pada tanggal 25 Desember 2020. Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web | Firman | Jurnal Teknik Elektro dan Komputer (unsrat.ac.id)

Irawan, W Dkk. (2017). “Pengembangan Media Modul Cetak Pada Mata Kuliah Bidang Keahlian Desain Grafis Materi Corel Draw X7 Untuk Prodistik Di Kelas XI MAN Mojosari”. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Teknologi.Volume 8, No1. Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Halaman 40. Jurnal Diakses pada tanggal 13 Januari 2021. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/download/19508/17825

Sudjana, N. (2010). Penelitian & Penilaian Pendidikan. Bandung: SINAR BARU ALGENSINDO.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitia Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Sunarso, & dkk. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press. Halaman 56.

Trisharsiwi, & Dkk. (2020). Ketamansiswaan . Yogyakarta: Tim Dosen Ketamasiswaan UST Yogyakarta.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatis, PTK, R&D . Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v7i1.1627

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.