ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Abstrak
Judul penelitian ini adalah “Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian”. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif dan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2019/2020 pada hasil penelitian, diperoleh gambaran yaitu dalam memberikan motivasi belajar pada siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dikategorikan rendah. 2) Pengukuran motivasi belajar siswa berdasarkan aktivitas yaitu 59% dikategorikan rendah, respon yaitu 50% dan kehadiran siswa yaitu 96% dapat dikategorikan sangat tinggi. 3) PenelitianAnalisis Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2019/2020 yang telah dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dapat dilihat bahwa masih terdapat siswa yang belum bisa mandiri dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran PKn.
Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran PKn.
Full Text:
PDFReferences
Annurrahman, M.Pd. 2014. BelajardanPembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Ptaktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Budiman. 2010. Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suhaid Kabupaten Kapuas Hulu. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Tidak Diterbitkan.
Hamzah B. Uno, M.Pd. 2011. TeoriMotivasi&Pengukurannya. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Iskandar. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi : Gaung Persada (GP) Pres.
Pupuh, Fathurrohman, M. Sobry Sutikno. 2009. Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung : Refika Aditama.
Sardiman, A. M. 2014. InteraksiMotivasi&BelajarMengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sukmadinata, 2009. MetodologiPenelitianKualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sekretariat Negara.
Winarno. 2013. Pembelajaran PendidikanKewarganegaraan. Jakarta. Sinar Grafika.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.706
Article Metrics
Abstract view : 1378 timesPDF - 4127 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.