MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYINGPADASISWA KELAS XSMA NEGERI 2 TEMPUNAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Abstrak
Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari proses pembelajaran yang berlangsung pada sekolah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Judul dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar PKn menggunakan pembelajaran Role Playing pada siswa kelas X SMAN 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2017/2018. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah hasil belajar PKn dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2017/2018?Sedangkan Tujuannnya adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, subyeknya adalah siswa kelas XSMAN 2 Tempunakyang berjumlah 22 orang.Faktor yang diamati adalah aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Dalam Penelitian Tindakan Kelas ini mengikuti tahapan dalam PTK yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan tindakan; (3) Observas dan Evaluasi dan (4) Refleksi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dalam bentuk persentase dan nilai rata-rata aktivitas hasil belajar, yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar. siklus I menunjukkan kenaikan dari 67,50 menjadi 73,30 (meningkat sebesar 5,80 poin) dan siklus II sebesar 80,00 (meningkat sebesar 6,70 poin dari siklus I). Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn dapatmeningkat melalui model pembelajaran Role Playingpada siswa kelasXSMANNegeri 2 Tempunak Tahun Pelajaran 2017/2018 .
Kata Kunci :Hasil Belajar, model pembelajaran Role Playing
Full Text:
PDFReferences
Aminah Siti, 2009, Penerapan Model pembelajaran Role Playing dalam Upaya Meningkatan Hasil Belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan di SMK Negeri 1 Kendari, SkrPKni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari (tidak dipublikasikan).
Anang, Prasetyo. 2001. Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN kelas II SLTP N I Driyono Gresik. Buletin PelangiPendidikan. Edisi IV Tahun II.
Ansari, 2003, Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XSMA Negeri 17 Kendari mengggunakan model pembelajaran role playing,SkrPKni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari (tidak dipublikasikan).
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Depdiknas. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru SMA di PPPG Matematika Yogyakarta. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B dan A.Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi aksara. Bandung.
Mudhofir. 1986. Teknologi Instruksional. Bandung: Remadja Karya.
Mukminan. 1996. Strategi Penyampaian PKN. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.
Mulyasa, E, 2005,Menjadi Kepala Madrasah Profesional Dalam Mensukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mulyahardjo, 2004. Hakikat Pendidikan PKN. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rahmat,Widodo.2009.http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-14-role-playing/
Roestiyah. 1986. Didaktik Metodik. Bumi Aksara. Jakarta.
Rusyan, Tabrani. 1989. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya Bandung.
Sanusi. 1997. Pendekatan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta
Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Suwarno, Wiji. 2006. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Usman, Muh. Uzer. 1993. Menjadi Guru Profesianal. Remaja Rosdakarya. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.708
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 230 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.