PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE DEMONSTRASI

Ota Mulyono, Yakobus Bustami, Hendrikus Julung

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang memperoleh hasil belajar kognitif di bawah nilai ketuntasan minimal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Dedai kelas VIII B berjumlah 26 siswa yang dibelajarkan dengan metode demonstrasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif berupa nilai rata-rata dan nilai ketuntasan klasikal. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh 16 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 58,15 dan ketuntasan klasikal 61,53%. Selanjutnya pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan nilai rata-rata 75,19 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,30% siswa masuk kategori baik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi biologi.

Full Text:

PDF

References


Bustami, Y. & Corebima, A.D. (2017). The Effect of JiRQA Learning Strategy on Critical Thinking Skills of Multiethnic Students in Higher Education, Indonesia. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 4(3): 13-22.

Djamarahdan Z. (2010). StrategiBelajarMengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Kesuma, M.D.H. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume: 2 (2) Desember 2013

Lestari, D.E. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Mikroskop. (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Perintis 1 Bandar Lampung TP 2010-2011). Skripsi tidak diterbitkan. Bandar lampung: FKIP Unila.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani S & Johar P. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Nuryanti.R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Surabaya: Universitas Malang.

Retnaningati, D. (2013). Buku PR IPA Terpadu Kelas VIII semester 1. Jakarta: Intan Pariwara.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.220

Article Metrics

Abstract view : 1523 times
PDF - 1322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.