UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWATERHADAP SIFAT-SIFAT OPERASI HITUNG PADA SISWA KELAS III SDN 01 TEMPUNAK MELALUI METODE SIMULASI

Sudi Harjana

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan  upaya  meningkatkan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat operasi hitung pada siswa kelas III SDN 01 Tempunak melalui metode simulasi. Penelitian  ini merupakan “Penelitian Tindakan” yang dilaksanakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan peneliti sebagai pelaku tindakan. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengenai hal-hal yang terjadi di kelas. Penerapanpem belajaran simulasi dengan presentasi kelompok berbasis komputer dilaksanakan sesuai dengan prinsip dan langkah-langkah pembelajaran simulasi dengan penekanan pada pembentukan kelompok dan diskusi kelompok.  Melalui pembelajaran simulasi dengan presentasi kelompok berbasis komputer kemampuan matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika meningkat seperti komunikasi, kerja sama, percaya diri, dan empati. Dari 6 kelompok diskusi, ternyata semua kelompok dapat mengembangkan kemampuan matematikanya yaitu 4 kelompok berkategori sangat baik dan 2 kelompok berkategori baik. Secara individu 20 siswa (86,2%)  dapat meningkatkan kemampuan matematikanya atau minimal berkategori baik dan hanya 4 siswa (13,8%) yang berkategori cukup baik. Kemampuan matematika siswa seperti komunikasi, kerjasama, percaya diri berkembang dengan baik dan empati berkembang sangat baik.

 

Kata kunci: sifat-sifat operasi hitung, metode simulasi.

Full Text:

PDF PDF

References


Depdiknas. 2003. Pendekatan kontektual (contextual teaching and learning). Jakarta: Dirjen

Pendidikan Dasar.

Goleman, D. 2002. Working with Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Lie, Anita. 1995. Cooperative learning mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang

kelas. Jakarta : Grasindo.

Ramadhani. 2008. Matematikadan hard skills. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saillah. 2007. Perspektif baru dalam pendidikan. Bandung: FIP IKIP Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v3i1.301

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 51 times PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sudi Harjana



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.