PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SEKADAU HULU

Yusuf Olang, Tedi Suryadi, Ferdinanda Itu Meo, Ignasius Ignasius

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis naskah drama sebagian besar siswa tidak mencapai nilai KKM di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sekadau Hulu.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media cerita rakyat untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis naskah drama dengan media cerita rakyat, mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media cerita rakyat untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama pada siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sekadau Hulu yang terdiri dari 20 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapanpengumpulan data,reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa di kelas pada siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II sehingga dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat baik, peningkatan rata-rata skor kemampuan menulis naskah drama siswa dari 73 menjadi 90,25 pada siklus II sehingga tergolong sangat baik dan mengalami peningkatan sebesar 30%, respon siswa sangat positif atau sangat baik dalam pembelajaran dengan menggunakan media cerita rakyat.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita rakyat dapat meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sekadau HuluTahun Pelajaran 2022/2023

Kata Kunci: Menulis, Naskah Drama, Media Cerita Rakyat

Full Text:

PDF

References


Anafiah, Siti. 2015. Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif

Bacaan Bagi Anak. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Volume 1, Nomor 2.

Lasmiyanti, Arie, Sarwono, Sarwit, dan Gumono. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Cerita Rakyat Musi Rawas Siswa Kelas VIII SMP Negeri Pedang. Jurnal Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5, Nomor 1.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi Dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tansliova, Lili, dan Resmi. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Pembelajaran Daring Di SMA Swasta Erlangga. Jurnal CAKRAWALA LINGUISTA. Volume 4.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v8i2.3237

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusuf Olang, Tedi Suryadi, Ignasius Ignasius



Creative Commons License
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.