HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP N 02 TEMPUNAK
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antar kemandirian belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas VIII. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar hubungan kemandirian belajar terhadap hasil
belajar, (2) seberapa besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar, (3) apakah
terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah 81 siswa dan seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Data yang
diambil menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
kuantitatif, metode penelitian inferensial dan bentuk penelitian korelasi. Populasi sebanyak 81
dan semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian, sedangkan teknik pengumpul data
yang digunakan yaitu teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat
pengumpul data berupa angket menggunakan skala likert dan dokumen. Selanjutnya terlebih
dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas data kemudian pengujian asumsi klasik. Data
penelitian selanjutnya dianalisis dengan uji kontribusi yaitu uji korelasi sederhana, uji
determinasi, dan uji regresi. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) kemandirian belajar terhadap hasil belajar memiliki hubungan sebesar 0,350 dalam
kategori rendah. (2) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar sebesar 13,8%. (3)
terdapat pengaruh yang signifikan bersifat positif dan masuk dalam kriteria hubungan rendah.
Dari hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran kepada siswa agar menyadari
pentingnya kemandirian belajar yang berasal dari internal siswa itu sendiri tanpa ada dorongan
atau paksaan dari orang lain serta meningkatkan kemandirian belajar baik di rumah, di kelas
dan di sekolah sehingga mampu pula meningkatkan hasil belajar siswa yang baik.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.734
Article Metrics
Abstract view : 457 timesPDF - 262 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Herpanus Herpanus, Evi Fitrianingrum, Ahensius Bantut
Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.