EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MENSIKU SINTANG –KALIMANTAN BARAT

Eliana Yunitha Seran, Jakaria Jakaria

Abstract


Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dalam IPS akan membantu menjadi tujuan dan hakikat pembelajaran IPS yang sebenarnya. Pembelajaran IPS perlu dikembangkan dengan terus mengupayakan  keseimbangan antara dimensi pengetahuan (Knowledge) dan dimensi yang lainnya yaitu keterampilan (skill),  sikap dan nilai (value and attitude), serta dimensi tindakan (action). Penggunaan strategi pembelajaran information search  dianggap tepat untuk menanamkan  bekal pengetahuan dalam dimensi pengetahuan yang mencakup fakta, konsep, dan generalisasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian adalah siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Mensiku. Alat pengumpulan data lembar observasi dan wawancara. Adapun hasil kegiatan penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan strategi information search dalam pembelajaran IPS di kelas rendah disimpulkan sangat efektif. Aktivitas belajar siswa ditemukan 100% sangat baik. Hal ini didukung oleh adanya tahapan pembelajaran yang Strategi information search  yang memberikan peningkatan kognitif yang disertai dengan proses pembelajaran yang menyenangkan dan gembira bagi siswa.

 

Kata Kunci : Strategi Information Search, IPS Kelas Rendah Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Jarolimek, John. (986). Sosial Studies in Elementary Educations (7th Ed). New York: Mac.

Nawawi, Hadari (2005) Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sapriya (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sapriya (2009) Konsep Dasar IPS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Susanto, Ahmad (2014) Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada

Sumantri, Numan ( 2007) Pengajaran Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya

Zaini, Hisyam (2008) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Mandiri




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.148

Article Metrics

Abstract view : 1014 times
PDF - 1876 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.