EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MENSIKU SINTANG –KALIMANTAN BARAT
Abstract
Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dalam IPS akan membantu menjadi tujuan dan hakikat pembelajaran IPS yang sebenarnya. Pembelajaran IPS perlu dikembangkan dengan terus mengupayakan keseimbangan antara dimensi pengetahuan (Knowledge) dan dimensi yang lainnya yaitu keterampilan (skill), sikap dan nilai (value and attitude), serta dimensi tindakan (action). Penggunaan strategi pembelajaran information search dianggap tepat untuk menanamkan bekal pengetahuan dalam dimensi pengetahuan yang mencakup fakta, konsep, dan generalisasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian adalah siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Mensiku. Alat pengumpulan data lembar observasi dan wawancara. Adapun hasil kegiatan penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan strategi information search dalam pembelajaran IPS di kelas rendah disimpulkan sangat efektif. Aktivitas belajar siswa ditemukan 100% sangat baik. Hal ini didukung oleh adanya tahapan pembelajaran yang Strategi information search yang memberikan peningkatan kognitif yang disertai dengan proses pembelajaran yang menyenangkan dan gembira bagi siswa.
Â
Kata Kunci : Strategi Information Search, IPS Kelas Rendah Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Jarolimek, John. (986). Sosial Studies in Elementary Educations (7th Ed). New York: Mac.
Nawawi, Hadari (2005) Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sapriya (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sapriya (2009) Konsep Dasar IPS. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Susanto, Ahmad (2014) Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada
Sumantri, Numan ( 2007) Pengajaran Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya
Zaini, Hisyam (2008) Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Mandiri
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.148
Article Metrics
Abstract view : 1014 timesPDF - 1876 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.