KEMAJUAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI: PENYEBAB ANAK MENGALAMI LONELINESS DALAM KELUARGA

Muhammad Yuda Novriatna

Abstract


Perkembangan teknologi komunikasi memiliki berbagai dampak kepada kehidupan manusia, salah satunya adalah loneliness. Pengidap loneliness atau kesepian ini dirasakan oleh hampir semua orang dan semua rentang usia, termasuk anak-anak. Anak yang mengalami loneliness atau kesepian ini akan membuat berbagai efek negatife yang merugikannya. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemajuan teknologi komunikasi memiliki dampak terhadap loneliness seorang  anak di keluarga. Metode penelitan menggunakan kajian pustaka terhadap jurnal penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam beberapa jurnal terbukti bahwa dengan kemajuan teknologi komunikasi memiliki dampak atau pengaruh terhadap   loneliness seorang anak.


Keywords


loneliness, teknologi komunikasi, keluarga, dan anak

Full Text:

PDF

References


Aprilia, N. (2020). Pengaruh Kesepian dan Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Ketergantungan Terhadap Ponsel. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 249–254.

Apriliyani, A., & Indrawati, E. (2023). Hubungan Kesepian dan Persepsi Authoritative Parenting dengan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMPN 195 Jakarta Saat Covid-19. Jurnal Psikologi Kreatif Inovatif, 3(1), 116–123. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/PsikologiKreatifInovatif/issue/archive

Asih, A. T., & Fauziah, N. (2017). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecemasan Jauh dari Smartphone (Nomophobia) pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati , 6(2), 15–20.

Badriyah, L. (2018). Sikap Mengontrol diri dalam Menurunkan Kecenderungan Berperilaku Agresif pada Remaja. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(1), 13–22.

Bala, M., & Chaudhary, N. (2020). Nomophobia: An emerging fear. Indian Journal of Health and Wellbeing, 11(1–3), 115–118.

BarXXakati, D. P. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam pembelajaran Bahasa inggris (persepsi mahasiswa). Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(1).

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung .

Dini, A. Y. R., & Nurhelita, V. F. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri tentang Pendewasaan Usia Perkawinan terhadap Risiko Pernikahan Usia Dini. Jurnal Kesehatan, 11(1), 50–59. https://doi.org/10.38165/jk

Fanysa, S. (2022). Hubungan Self Disclosure dengan Intimasi Pertemanan pada Mahasiswa BK Di IAIN Bukittinggi. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 86–91.

Febriani, Z. (2021). Perbedaan Tingkat Kesepian pada Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Tambusai , 5(3), 7032–7037.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari , 1(1), 1–6. http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/index

Firdaus, F. (2018). Analisis Pesan Moral Dalam Serial Anime Naruto The Movie “Road To Ninja†Karya Masashi Kishimoto (Analisis Semiotika Roland Barthes).

Halim, C. F., & Dariyo, A. (2016). Hubungan Psychological Well-Being dengan Loneliness pada Mahasiswa yang Merantau Relationship between Psychological Well-Being and Loneliness among Overseas Student. Jurnal Psikogenesis, 4(2), 170–181.

Hidayat, D. R. (2011). Teori dan Aplikasi Psikologi Kepribadian dalam Konseling. Ghalia Indonesia.

Hidayati, D. S. (2015). Self Compassion dan Loneliness. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(01), 154–164.

Hidayati, D. S. (2018). Family Functioning dan Loneliness pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan , 06(01), 54–62.

Junaidi, A. (2015). Internet of Things, Sejarah, Teknologi dan Penerapannya 1.3 (2015). Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan , I(3), 62–66.

Kunaefi, M. A. (2016). Pandangan Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan , 2–15.

Lim, S., & Smith, J. (2008). The structural relationships of parenting style, creative personality, and loneliness. Creativity Research Journal, 20(4), 412–419. https://doi.org/10.1080/10400410802391868

Liu, Q., Wu, J., Zhou, Z., & Wang, W. (2020). Parental technoference and smartphone addiction in Chinese adolescents: The mediating role of social sensitivity and loneliness. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105434

Mahapatra, S. (2019). Smartphone addiction and associated consequences: role of loneliness and self-regulation. Behaviour and Information Technology, 38(8), 833–844. https://doi.org/10.1080/0144929X.2018.1560499

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Jurnal Kopasta, 5(2), 55–64.

Mustofa, I. (2008). Keluarga Sakinah dan Tantangan Globalisasi. Al-Mawarid Journal of Islamic Law 18 , 18, 227.

Putri, W. T. A. (2021). Menanggapi Fenomena Anak-Anak yang Mengemis dalam Perspektif Perkembangan Psikososial. BUANA GENDER: Jurnal Studi Gender Dan Anak , 6(1).

Rimayati, E., Handayani, D. A. K., Sayekti, S., & Redjeki, S. (2021). Efektivitas Peran Keluarga Dalam Perkembangan Teknologi Digital. Manggali, 1(1), 29. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1546

Rumata, V. M. (2017). The Urban and Rural Family Communication in The Communication Technology Era (Komunikasi Keluarga Kota dan Desa di Era Teknologi Komunikasi). Pekommas, 2(1), 43–54.

Sakti, S. A. (2021). Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346

Septina, A. B., & Priyanto, P. H. (2017). Loneliness (Kesepian) pada Lanjut Usia di Panti Wreda Semarang. Psikologi Berbagi , 63–80.

Setyowati, Y. (2005). Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak pada Keluarga Jawa). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 67–78.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Tumbuh Kembang Anak. SINDIMAS, 1(1), 139–143.

Virnanda, R. (2020). Hubungan Antara Kesepian dengan Ketakutan Akan Ketinggalan Momen Pada Pengguna Instagram di Samarinda. Jurnal Imiah Psikologi, 8, 671–683. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Yenny, & Astuti, S. W. (2021). Hubungan antara Penggunaan Media Sosial dengan Kesepian dan Perilaku Perbandingan Sosial. Jurnal Psikohumanika, 13(1), 68–81. http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Zamroni, M. (2009). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Dampaknya Terhadap Kehidupan. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah , 10(2), 195–211.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v6i1.2127

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.