MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN PELANGI RT.11 DESA PEMATANG GADUNG KECAMATAN MERSAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Percobaan Sains Sederhana Di Kelompok Bermain Pelangi RT.11 Desa Pematang Gadung Kecamatan Mersam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan 2 Siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5 - 6 tahun yang tergabung dalam Kelompok B dan berjumlah 14 anak, yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak di Kelompok Bermain Pelangi pada awal sebelum tindakan sebesar 41% yaitu ada 2 anak yang mulai berkembang kemampuan kognitif nya. Pada siklus 1 pertemuan ke-1 didapat hasil sebesar 59% yaitu anak yang berkembang menjadi 4 anak, kemudian di siklus 1 pertemuan ke-2 di peroleh hasil sebesar 68% yaitu anak yang berkembang menjadi 7 anak. Dan hasil pada Siklus 2 pertemuan ke-1 didapat hasil sebesar 78% yaitu jumlah anak yang berkembang meningkat menjadi 11 anak, kemudian pada siklus 2 pertemuan ke-2 didapat hasil sebesar 86% yaitu anak yang berkembang menjadi 12 anak. Selisih peningkatan hasil pada Pra Siklus ke Siklus 1 adalah sebesar 27% dan selisih Siklus 1 ke Siklus 2 adalah sebesar 18%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian sebesar 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode percobaan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak
Â
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Percobaan Sains SedehanaFull Text:
PDFReferences
Papalia, D. E., Feldman Duskin, R., & Martorell, G. (2015). Perkembangan Manusia. 1–486.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014
Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Chairul Anwar. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Suka Press.
Diana Mutiah. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta :Kencana. 2010
Hamzah B.Uno, Nina Lamatenggo, dan Satria M.A Koni.(2014). Menjadi Peneliti Ptk yang
Profesional. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan : Perdana Publishing.
Risa Pahlewi. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Sains melalui Penerapan Metode
Eksperimen pada Proses Pelarutan pada anak kelompok B5 PAUD Dharma Wanita Persatuan Prov.Bengkulu Jurnal Ilmiah Potensia, vol.1(2)).
Sigit Purnama, Hardiyanti Pratiwi, dan Prima Suci R.(2020). Penelitian Tindakan Kelas
Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sukatin, Zulqarnain dan Mashudi Hariyanto. (2020). Psikologi Kognitif ( Tinjauan
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini). Muara Bulian : Wade Group
Syaiful sagala.(2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v6i1.2481
Article Metrics
Abstract view : 90 timesPDF - 6 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.