HUBUNGAN PEMBERIAN TUGAS RUMAH (PR) JENIS PRACTICE EXERCISE/LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 6 DEDAI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pemberian tugas rumah (PR) jenis practice exercise/latihan dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajar IPS SDN 6 Dedai tahun pelajaran 2017/2018.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Populasi keseluruhan berjumlah 20 siswa dan semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen angket dan nilai ulangan umum semester satu.Berdasarkan analisis data, ditemukan koefisien korelasi atau thitung sebesar 0,746 lebih besar dari ttabel 0,444. Artinya ada hubungan, hal ini dipertegas dengan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,557. Artinya 55,7 % hasil belajar IPS siswa dipengaruhi oleh pemberian tugas rumah (PR). Kemudian untuk mengetahui signifikasi dari hubungan tersebut, dilakukan uji t Ketentuannya jika rhitung> rtabel, maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Hasil Uji t tersebut menunjukan bahwa harga thitung lebih besar daripada ttabel (4,759 > 2,101), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hubungan tersebut signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian tugas rumah (PR) jenis practice exercise/latihan dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajar IPSÂ SDN 6 Dedai tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Pemberian tugas rumah Jenis Practice Exersice/Latihan, Hasil Belajar Kognitif
Full Text:
PDFReferences
Premata, F. M. (2010). “Hubungan Keseriusan Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Program Studi Teknik Bangunan Smk N 1 Seyegan†Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta. Http://id.portalgaruda.org. diakses 10 juni 2017).
Sadirman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono.(2010).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono.(2015).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono.(2010). Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Widyaningsih, F. (2011). “Hubungan Antara Pemberian Tugas Rumah Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sdn Rawasari 03 Pagi Jakarta Pusat†Skripsi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr.Hamka.(Http://id.portalgaruda.org. diakses 10 juni 2017).
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.384
Article Metrics
Abstract view : 449 timesPDF - 393 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.