PENGARUH MEDIA GAME INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL NAMA-NAMA MALAIKAT AUD DI RA AL-MUNAWWARAH PAMEKASAN

Nur Baytie, Maimon Sumo

Abstract


Di era kemajuan teknologi saat ini, anak usia dini berada dilingkungan teknologi digital seperti permainan digital. Anak-anak pada usia ini cenderung memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah merasa bosan, sehingga cara penyampaian yang inovatif sangat diperlukan. penggunaan media game interaktif berbasis digital dipandang sebagai solusi yang efektif, karena tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan anak-anak usia 5-6 tahun dalam menghafalkan nama-nama malaikat, tetapi juga menyajikan proses pembelajaran yang menyenangkan, menarik, dan mudah diterima oleh mereka. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa pengaruh media game berbasis digital terhadap kemampuan menghafal nama-nama malaikat pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Munawwarah Pamekasan dengan sample sebanyal 15 peserta didik. Metode yang digunakan berupa pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis data dilakukan dengan memakai uji normalitas dan uji t berpasangan. Hasil data diperoleh bahwa data bersifat normal dan dihasilkan nilai signifikansi (2-sided) sebesar 0,001. Sehingga disimpulkan bahwa media game interaktif berbasis digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menghafalkan nama-nama malaikat pada anak usia dini 5-6 tahun di RA Al-Munawwarah Pamekasan.

Keywords


interactive games; memorize; early childhood

Full Text:

PDF

References


Anggri, N., & Wathon, A. (2022). Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. 6.

Budiarti, E. (2024). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (N. Priyanti & R. Heri S. A. (eds.); Pertama). Kaizen Media Publishing.

Damayanti, A., Nisa, S. C., Soleha, S., Minggu, N. P. S., Kholilah, S. P., Satiyah, S. P. I., Lukman, M., Hasnia, S. S., Khotimah, K., & Ruswiyati, L. (2024). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Fadlillah, M., Muallifatul K. F., L., Wantini, Akbar, E., & Fauziyah, S. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan. Kencana.

Fanhas F. K., E., & Lubis, M. (2023). Model-Model Pendidikan Anak Dalam Al-QurAn: Berdasarkan Kisah Para Nabi, Rasul dan Shalihin (N. Hamzah (ed.); Pertama). Edu Publisher.

Hardianto, R., Listianingrum, A., & Ningsih, E. T. (2024). Jurnal Software Engineering and Information System ( SEIS ) APLIKASI GAME EDUKASI BELAJAR MENGHAFAL AYAT-AYAT PENDEK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE INTERPOLATION SEARCH ( STUDI KASUS : TK SULAMUL ULUM ). 4(1), 42–48.

Humaida, R. T., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Penggunaan Media Game Edukasi Digital Berbasis ICT. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.98

Khairunnisa, Rijalul A., M., Ningtyas, S., Aziz, F., Sepriano, Rini, F., Hasanuddin, Nyoman A. S. P., I., Adhicandra, I., Novita, R., Metra, R., & Junaidi, S. (2023). Multimedia (Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lailiyatul I., S. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Loose Part Dalam Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini (Issue March). https://doi.org/10.31219/osf.io/7e59k

Lutfi. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Pendidikan Anak Usia Dini di RA Hasanussholihat Tangerang. Jurnal Tahsinia, 4(2), 288–299. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/195

Negara, T. R. S. A., & Yasin, F. (2018). Game Edukasi Menghafal Doa-Doa Harian sebagai Media Belajar untuk Anak Usia Dini berbasis Android. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 18(2), 42–48. https://doi.org/10.23917/emitor.v18i2.6347

Solihin, R. (2021). Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (Abdul (ed.); Pertama). Penerbit Adab.

Tibahary, A. R. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif Muliana. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 54–64.

Wijaya K., J., Supardi, Rijalul A., M., Hamidah, Ratnah, Fitrah, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Teori dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0) (Efitra (ed.); Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4350

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.