EFEKTIVITAS FINGER PAINTING DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI PG-TK SRIKANDI
Abstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) berperan penting dalam membentuk fondasi perkembangan anak, termasuk pada aspek motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan Finger Painting dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PG-TK Srikandi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 10 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil karya anak. Indikator penilaian mencakup kekuatan jari, koordinasi mata dan tangan, serta kreativitas anak dalam mencampur warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Finger Painting memiliki dampak positif terhadap perkembangan motorik halus anak. Sebanyak 60% anak berada dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), menunjukkan kemampuan koordinasi gerak yang baik dan kreativitas dalam memilih warna. Sementara itu, 40% anak lainnya masih membutuhkan bimbingan dalam mengontrol gerakan jari dan mengikuti pola. Kegiatan ini tidak hanya melatih keterampilan motorik halus tetapi juga mendorong eksplorasi warna, kreativitas, dan imajinasi anak. Dengan pendampingan guru yang konsisten, Finger Painting menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk mendukung perkembangan anak usia dini secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, W., & Mayar, F. (2021). Perkembangan Motorik Halus melalui Metode Finger Painting. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9158–9162.
Basa, F. L., Sutarto, J., & Setiawan, D. (2020). Finger Painting Learning To Stimulate Motor Development in Early Childhood. Journal of Primary Education, 9(2), 193–200. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i2.37340
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kolase dengan menggunakan bahan bekas pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247-257.
Imani, N. (2021). Hubungan Aktivitas Menggambar Menggunakan Teknik Kering Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 35-43.
Jumriatin, J., & Anhusadar, L. (2022). Finger Painting Dalam Menstimulus Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31-49.
Marlina, L., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1018–1025.
Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Pra Sekolah di Tk At-Taqwa Cimahi. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2).
Ningrum, N. N., Barlian, Y. A., & Koesoemadinata, M. I. P. (2023). Penerapan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus pada Anak Sekolah Dasar kelas 1 SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 23(3), 316-326.
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 4(1), 91-100
Ramdini, T. P., & Mayar, F. (2019). Peranan kegiatan Finger Painting terhadap perkembangan seni rupa dan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1411-1418.
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61-69.
Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991-1000.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4366
Article Metrics
Abstract view : 121 timesPDF - 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.