PENTINGNYA FUNGSI KOMUNIKASI EFEKTIF PADA ANAK USIA DINI

Amalia Khoirul Hidayah, Fatiha Khairurizky, Aisyah Mutawakkil, Hery Setiyatna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji komunikasi efektif pada anak usia dini, tantangan yang dihadapi, serta peran guru dan orang tua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber terkait komunikasi anak usia dini. Data diperoleh melalui penelusuran sistematis pada sumber ilmiah yang terdiri dari jurnal nasional yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi efektif pada anak usia dini dipengaruhi oleh perkembangan bahasa, ekspresi emosi, kemampuan imitasi, dan interaksi sosial. Hambatan komunikasi yang sering terjadi meliputi gaya komunikasi orang dewasa yang dapat menghambat keberanian anak dalam mengekspresikan diri. Peran guru dalam membangun komunikasi efektif mencakup penciptaan lingkungan kelas yang kaya bahasa, penerapan metode pembelajaran interaktif, dan menjadi model komunikasi yang baik. Sementara itu, orang tua berperan dalam membangun lingkungan rumah yang suportif melalui interaksi yang berkualitas dan respon positif terhadap anak. Penelitian menyimpulkan bahwa pendekatan yang konsisten, penuh perhatian, dan positif dari guru dan orang tua dapat membantu anak mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendukung perkembangan sosial dan akademik mereka.

Keywords


komunikasi efektif, anak usia dini, hambatan komunikasi, peran guru, peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuasa, XI(1), 43–50.

Dewi, N. W. R. (2021). Membangun Komunikasi dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Ilmu Pendidikan, 1 no. 1(3), 101. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/77

Fitri, N. L., Adha, C., & Nasution, S. F. (2023). Pentingnya Penerapan Komunikasi Efektif Dalam Konteks Pendidikan. Journal Of Social Science Research Volume, 3(6), 5241–5251.

Kristina Tobing, H., Gabriela Simanjuntak, M., Anggita, D., Amanda, D., Siska Anggraini, E., & Simare-mare, A. (2024). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK An-Nizam. Jurnal Global Ilmiah, 1(10), 355–359. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i10.98

Lisnawati. (2024). Jurnal Pendidikan Inklusif URGENSI PENGEMBANGAN KOMUNIKASI EFEKTIF VERBAL. 8(11), 60–68.

Mesiono, Mawaddah, R., & Elisa Harahap, N. (2021). Media Komunikasi. Journal Ability : : Journal of Education and Social Analysis, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jesa.vi

Mukhtahira. (2024). Peran Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini merupakan tanda komunikasi yang efektif . Tujuan Komunikasi yang Sukses Padahal , tujuan yang otoriter , permisif , atau bahkan lalai . Dalam lingkungan keluarga , misalnya , komunikasi. 2.

Musrifah. (2021). Komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Purba, B., Gaspersz, S., Bisyri, M., Putriana, A., & Hastuti, P. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar (J. Simanarmata (ed.); pertama). yayasan kita menulis. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/126

Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.

Rahmani, L. D., & Setiyatna, H. (2024). Komunikasi Efektif pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 4(2), 73. https://doi.org/10.19184/jecer.v4i2.43964




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4613

Article Metrics

Abstract view : 228 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.