ANALISIS KEBIASAAN ANTRE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK INDONESIA DAN MALAYSIA

Maha Dewi Putri Indrania, Leli Halimah, Ririn Despriliani

Abstract


Kegiatan antre perlu diperkenalkan sejak usia dini agar anak tumbuh menjadi individu yang menghargai dan disiplin dalam kehidupan sosial, berdasarkan observasi awal di TK X Indonesia dan TK Y Malaysia terdapat perbedaan saat anak mengantre. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode reward, serta bagaimana kebiasaan antre dapat menstimulasi aspek perkembangan sosial emosional anak. Penelitian studi kasus deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan mengenai metode reward dalam membiasakan anak untuk antre. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara tertulis, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu: (1)Dalam membiasakan antre pada anak, guru menyusun aturan bersama mengenai aturan mengantre, guru juga memberikan reward atau penguatan positif. (2)Terdapat perbedaan pembiasaan antre pada anak yang dipengaruhi oleh pemberian reward yang diberikan guru. (3)Pembiasaan antre berdampak positif bagi aspek perkembangan sosial emosional anak, anak menjadi pribadi yang memiliki empati tinggi; dapat mengkontrol diri; mandiri; serta bertanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reward dalam pembiasaan antre terbukti efektif menstimulasi perkembangan sosial emosional anak, dengan perbedaan praktik di dua TK menunjukkan bahwa strategi guru dalam memberikan reward berpengaruh terhadap keberhasilan pembiasaan tersebut.


Keywords


Queue, Reward, Social Emotional Development

Full Text:

PDF

References


Deniati, E., Jayanti, D. D., Fitriana, D., & Jihansyah, I. (2023). Efektivitas Pemberian Reward melalui Metode Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini 4-6. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 187–192.

Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2002). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru (Terj.Tjejep Rohendi Rohidi). UI Press.

Irzalinda, V., Sofia, A., & Lestari, E. A. (2022). Pentingnya Kelekatan Ibu dalam Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–8.

Istiqomah, Hariyanti, D. P. D., & Purwadi. (2023). Membangun Karakter Disiplin Anak melalui Pembelajaran Musik Drumband pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Wawasan Pendidikan, 3(1), 122–130.

Lubis, R., Afifah, J., Faizera, J. R., Dewi, N., Dongoran, S. R., Badriah, S. L., & Marbun, W. L. (2024). Karakteristik Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun pada Anak Usia Dini. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3256–3267.

Ningsih, S., Sari, M., Jamin, N. S., Sutisna, I., Arif, R. M., Rafi’ola, R. H., & Ibrahim. (2024). Sosialisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak untuk Menghadapi Tantangan di Lingkungan Sekolah PAUD. ROOM OF CIVIL SOCIETY DEVELOPMENT, 3(3).

Nurulhaq, H., & Margana, A. (2013). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika antara Siswa yang Mendapatkan Strategi Giving Reward dengan Konvensional: Studi Penelitian di SMP Negeri 3 Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 145–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.299

Putri, O. A., & Sutarto. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan Berbaris Teori Behavioristik dalam Membina Kedisiplinan Siswa di RA Tunas Literasi Qur’an Curup Utara. INCARE: International Journal of Educational Resources, 3(5), 494–506.

Syahnurmala, H., Syafrida, R., Nirmala, I., & Ega Trisna, R. (2022). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Kinds Rubber Rope Games (KIORROGA) di TKQ Salsabila Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 228–238.

Zulaika, S., & Wathon, A. (2021). Implementasi Metode Reward dan Punishment dalam Upaya Pengembangan Disiplin Anak Kelompok A. Sistim Informasi Manajemen, 4(2), 134–157.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4650

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.