PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis peran lingkungan sosial dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Melalui metode literatur riview, data dikumpulkan dari berbagai sumber ilmiah terpublikasi pada rentang 2019–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, lembaga PAUD, paparan media digital, komunitas masyarakat, serta teman sebaya secara signifikan memengaruhi kemampuan bahasa anak. Interaksi verbal yang intensif dalam keluarga dan institusi pendidikan anak usia dini terbukti mendorong pertumbuhan kosakata dan ekspresi verbal. Sebaliknya, kurangnya stimulasi serta penggunaan media tanpa pendampingan berkontribusi terhadap keterlambatan bahasa. Temuan ini dianalisis melalui perspektif teori interaksionisme sosial Vygotsky, yang menekankan pentingnya interaksi bermakna dalam pemerolehan bahasa. Implikasi praktis dari penelitian ini menyoroti perlunya peran aktif orang tua, pendidik, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan sosial yang mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azmah, A. U., Putri, D. M., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). Literatur Review : Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kemampuan Berbahasa Siswa di Sekolah Dasar ( SD ). April.
Bonita, E., Suryana, E., Hamdani, M. I., & Harto, K. (2022). The Golden Age : Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537
Brouwer, F., Mc, E., & Hilty, M. P. (2023). The microcirculatory response in critically ill COVID- 19 patients is dependent on the severity of disease. 1–15.
Debby Adelita Febrianti Purnamasari. (2024). Analisis Perkembangan Kognitif Bahasa pada Anak Usia Dini Menurut Teori Jean Piaget dan Lev Vigotsky. Zuriah Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.55210/w5q00836
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Fitri, A. R. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 145–151.
Haryati, H. (2024). Peran Lingkungan Dalam Pengembangan Bahasa AUD. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 184–192. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7605
Indihadi, D., Hendri Mulyana, E., Puspitasari, T., Tasikmalaya, K., Jawa Barat, P., Tasikmalaya, K., Kunci, K., Ekspresif, B., Bermain Peran, M., & Usia Dini, A. (2022). Bagaimana Implementasi Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Bahasa Ekspresif di TK Mawar Sidamulih ? Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3545–3548.
Iskandar, B., Syaodih, E., & Mariyana, R. (2022). Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini dalam Menggunakan Media Digital. Jurnal Basicedu, 6(3), 4192–4201. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2781
Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. (2025). (Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2025. https://www.kemenkopmk.go.id/
Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal At-Tabayyun, 6(2), 113–126. https://doi.org/10.62214/jat.v6i2.158
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–464. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.43
Nasution, F., Siregar, A., Arini, T., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Oktaviani, M., Siregar, A. M., Setiawan, M. M., & ... (2022). Peran Lingkungan Sekitar pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun: The Role of the Surrounding Environment in the Language Development of Children 3 …. SENTIMAS: Seminar Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 344–351. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/219
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Putu, L., Wedanthi, R., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2025). Implementasi Teori Behaviorisme Skinner untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas V. 8, 2392–2396.
Rahayu, D. M. (2020). Pengaruh Peranan Orang Tua Terhadap perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20.(1), 26–28.
Rahmawati, A., & Sujarwo. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 33–38.
Rechika Amelia Eka Putri1, D. R. E. (2024). Medic nutricia 2024,. 4(1), 1–6. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644xa
Rismala, Y., Aguswan, Priyantoro, D. E., & Suryadi. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(01), 46–55. https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i01.273
Rohmah, B., & Aziz, T. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 213–229. https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1796
Ruaidah, N. H. Z. (2023). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Psikososial Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 146–152. https://jpion.org./indek.php/jpi
Sefy, S. A. S., & Dorlina Simatupang, N. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Kurnia Putra. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1896
Setiawan, D. W. (2024). Psikologi Pendidikan.
Setiyawan, R., Nasrullah, D., & Efendi, J. F. (2020). Jejak langkah : perjalanan rektor UMSurabaya dari masa ke masa.
Sofwatillah et al. (2024). METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF : Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. In Journal Genta Mulia (Vol. 15, Issue December). https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/gm/article/view/1147
Sriwijaya, K. (2022). Riza Afita Surya , S . Pd , M . Pd Disusun oleh : Ananda Margaretha H. March.
Widaningsih, C., & Ramadhena, M. P. (2024). Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Malahayati Nursing Journal, 6(3), 936–949. https://doi.org/10.33024/mnj.v6i3.11027
Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4830
Article Metrics
Abstract view : 468 timesPDF - 726 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.