DAMPAK KONFLIK ORANG TUA TERHADAP KESEHATAN MENTAL ANAK USIA DINI

Maratul Azizah, Suryadi Suryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak konflik orang tua terhadap kesehatan mental anak usia dini, khususnya dalam aspek emosional, sosial, dan perilaku. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada anak berinisial “R” yang mengalami konflik dalam keluarga mereka di Desa Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang terpapar konflik orang tua secara terus-menerus cenderung mengalami kesulitan dalam hal pengendalian emosi, kemampuan sosial dan perilaku anak secara keseluruhan Temuan ini menegaskan pentingnya peran orang tua dalam menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis guna mendukung kesehatan mental anak. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi dasar bagi para pendidik, konselor, dan orang tua dalam memahami serta mengantisipasi dampak negatif dari konflik keluarga terhadap anak.


Keywords


Konflik Orang Tua, Kesehatan Mental, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Cenceng. (2015). Perilaku Kelekatan Pada Anak Usia Dini (Perspektif John Bowlby). Lentera, IXX(2), 141–153. https://en.wikipedia.org/wiki/John_Bowlby.

Diana, V. (2020). Kesehatan Mental (Sejarah Kesehatan Mental). In Halodoc.Com (Issue March). https://www.researchgate.net/profile/Diana-Fakhriyani/publication/348819060_Kesehatan_Mental/links/60591b56458515e834643f66/Kesehatan-Mental.pdf

Djayadin, C., & Munastiwi, E. (2020). Pola komunikasi keluarga terhadap kesehatan mental anak di tengah pandemi Covid-19. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 160–180. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/6454

Dwistia, H., Sindika, S., Iqtianti, H., & Ningsih, D. W. (2025). Peran Lingkungan Emosional Anak Keluarga dalam Perkembangan. 2, 1–9.

Fitri, N. Y., & Hutagalung, S. A. (2023). Pengaruh perilaku keluarga terhadap kesehatan mental anak. Journal of Gender and Social Inclusion …, 4(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/18339%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/download/18339/7572

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128.

Indonesia, K. P. A. (n.d.). Infografis Data Pengaduan dan Media Kasus Perlindungan Anak Tahun 2021–2024. https://www.kpai.go.id

Kartikasari, T., Sumayni, W., & Susanti, D. (2023). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Marpaung, J., & Novitasari, K. D. (2017). Studi Deskriptif Dampak Orang Tua Yang Berkonflik Bagi Anak Descriptive Study of the Impact of Conflicted Parents Toward Child. Cahaya Pendidikan, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.869

Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori psikososial Erik Erikson. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192.

Muhammad, H. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua Bagi Kesehatan Mental Anak. Republika.Co.Id, 2(2), 63–68. https://www.republika.co.id/berita/qvm3km380/pentingnya-peran-orang-tua-bagi-kesehatan-mental-anak

Puspitasari, E. I., Psikologi, P. S., & Pendidikan, F. I. (2016). GAYA KELEKATAN ROMANTIS PADA LAKI-LAKI DEWASA AWAL PENYINTAS KEKERASAN DI MASA ANAK-ANAK Muhammad Syafiq.

Siby, R., & Kasingku, D. (2024). Pengaruh Rekreasi sebagai Sarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa. Jurnal Educatio, 10(2), 416–424. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7851

Sonita, S., Suryana, D., & Padang, U. N. (2024). Pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini. 7(1), 79–84.

Supriatna, E., Nurjaman, K., Sulastri, L., Pikri, F., Sari, L., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., & Keluarga, K. (2024). MENGUBAH KONFLIK MENJADI HARMONI : PENDEKATAN BARU. 1(2), 110–130.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Tualeka, M. W. N. (2017). Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama, 3(1), 32–48. https://journal.um-surabaya.ac.id/Ah/article/view/409

Cenceng. (2015). Perilaku Kelekatan Pada Anak Usia Dini (Perspektif John Bowlby). Lentera, IXX(2), 141–153. https://en.wikipedia.org/wiki/John_Bowlby.

Diana, V. (2020). Kesehatan Mental (Sejarah Kesehatan Mental). In Halodoc.Com (Issue March). https://www.researchgate.net/profile/Diana-Fakhriyani/publication/348819060_Kesehatan_Mental/links/60591b56458515e834643f66/Kesehatan-Mental.pdf

Djayadin, C., & Munastiwi, E. (2020). Pola komunikasi keluarga terhadap kesehatan mental anak di tengah pandemi Covid-19. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 160–180. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/6454

Dwistia, H., Sindika, S., Iqtianti, H., & Ningsih, D. W. (2025). Peran Lingkungan Emosional Anak Keluarga dalam Perkembangan. 2, 1–9.

Fitri, N. Y., & Hutagalung, S. A. (2023). Pengaruh perilaku keluarga terhadap kesehatan mental anak. Journal of Gender and Social Inclusion …, 4(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/18339%0Ahttp://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/download/18339/7572

Handayani, R. (2020). Metode Penelitian Sosial. In Bandung (Issue September).

Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Pendidikan. Jurnal Study Kasus, August, 128.

Indonesia, K. P. A. (n.d.). Infografis Data Pengaduan dan Media Kasus Perlindungan Anak Tahun 2021–2024. https://www.kpai.go.id

Kartikasari, T., Sumayni, W., & Susanti, D. (2023). Membangun Kesehatan Mental Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Positif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8521–8526. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2640

MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Marpaung, J., & Novitasari, K. D. (2017). Studi Deskriptif Dampak Orang Tua Yang Berkonflik Bagi Anak Descriptive Study of the Impact of Conflicted Parents Toward Child. Cahaya Pendidikan, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.869

Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021). Teori psikososial Erik Erikson. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 180–192.

Muhammad, H. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua Bagi Kesehatan Mental Anak. Republika.Co.Id, 2(2), 63–68. https://www.republika.co.id/berita/qvm3km380/pentingnya-peran-orang-tua-bagi-kesehatan-mental-anak

Puspitasari, E. I., Psikologi, P. S., & Pendidikan, F. I. (2016). GAYA KELEKATAN ROMANTIS PADA LAKI-LAKI DEWASA AWAL PENYINTAS KEKERASAN DI MASA ANAK-ANAK Muhammad Syafiq.

Siby, R., & Kasingku, D. (2024). Pengaruh Rekreasi sebagai Sarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental Siswa. Jurnal Educatio, 10(2), 416–424. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7851

Sonita, S., Suryana, D., & Padang, U. N. (2024). Pemberian nutrisi terbaik untuk otak anak usia dini. 7(1), 79–84.

Supriatna, E., Nurjaman, K., Sulastri, L., Pikri, F., Sari, L., Islam, U., Sunan, N., Djati, G., & Keluarga, K. (2024). MENGUBAH KONFLIK MENJADI HARMONI : PENDEKATAN BARU. 1(2), 110–130.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Tualeka, M. W. N. (2017). Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern. Al-Hikmah : Jurnal Studi Agama-Agama, 3(1), 32–48. https://journal.um-surabaya.ac.id/Ah/article/view/409




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4832

Article Metrics

Abstract view : 249 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.