STUDI LITERATUR: MEDIA SANDPAPER LETTERS SEBAGAI STIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PERMULAAN ANAK

Ratri Nuria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media sandpaper letters  dapat menstimulasi perkembangan bahasa permulaan anak. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau Systematic literature review (SLR). Data yang diperoleh melalui jurnal-jurnal serta buku literatur yang memiliki tema tentang media sandpaper letters dan perkembangan bahasa permulaan anak usia dini. Data tersebut dikumpulkan, diidentifikasi, dianalisis dan disimpulkan sehingga mendapatkan hasil penelitian yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media sandpaper letters merupakan media yang diciptakan oleh Maria Montessori, 2) Cara memanfaatkan atau menggunakan media sandpaper letters sebagai peraga pembelajaran untuk anak, yaitu dengan cara meraba dan menyebutkan bunyi huruf, 3) Media sandpaper letters dapat dibuat secara mandiri dengan menggunakan kertas dan pasir khusus dan lem perekat, 4) Media sandpaper letters dapat digunakan sebagai peraga untuk mengasah perkembangan bahasa permulaan anak usia dini.


Keywords


Sandpaper Letters; childhood; Beginning reading skill

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Nofita. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra 7(1): 43. doi:10.30595/mtf.v7i1.9741.

Anisa Wiwin Handayani, Anita Chandra, and Joko Sulianto. 2022. “Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Aspek Fonetik Dan Aspek Semantik.” Generasi Emas 5(1): 1–7. doi:10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).7482.

Arsyia Fajarrini, and Raden Rachmy Diana. 2024. “Peran Lingkungan Tempat Tinggal Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.” Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4(1): 1–16. doi:10.32665/abata.v4i1.2605.

Azkia, Nura, and Nur Rohman. 2020. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah SD / MI Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta PENDAHULUAN Pondasi Dasar Kemampuan Akademik Adalah Keterampilan Membaca . 1 Membaca Adalah Fungsi Tert.” Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 1–14.

Casupanan, Ivy, and Rodolfo Casupanan. 2018. “The Use of Sand Paper Letters in Teaching the English Alphabet.” PUPIL: International Journal of Teaching, Education and Learning 2(3): 55–62. doi:10.20319/pijtel.2018.23.5562.

Dharma, I Made Aditya, Muhammad Sururuddin, Ida Bagus Putrayasa, and I Nyoman Sudiana. 2023. “Pendekatan Whole Language Dalam Pebelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10(1): 229–40. doi:10.38048/jipcb.v10i1.1176.

Eisenberg, Nancy, and Paul H. Mussen. 1989. The Roots Of Prosocial Behavior In Children. Melbourne: Cambridge University Press.

Fauzi, Chandra, and Basikin. 2020. “The Impact of the Whole Language Approach Towards Children Early Reading and Writing in English.” JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 14(1): 87–101. doi:10.21009/jpud.141.07.

Hakika, Putri. 2024. “Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Latihan SPG Aisyiyah Padang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1): 1615–22.

Hanifah, Umi Nur. 2020. “Tipologi Pola Pengasuhan Ibu Bekerja , Kemandirian Dan Adversity Quotient Anak.” An Nisa’ 13(1): 717–22.

KPAI. 2020. “Hasil Survei Pemenuhan Hak Dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi COVID-19.” In Komisi Perlindungan Anak Indonesia, , 1–56.

Mu’mala, Khuri Abad, and Nadlifah Nadlifah. 2019. “Optimalisasi Permainan Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak.” Golden Age 4. doi:https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06.

Nissa, Heppy Zakiatun, Mustaji Mustaji, and Hendratno Hendratno. 2020. “Gross Motor and Social Development of Children Development Media of Traditional Jumping Rope Modification Game.” International Journal for Educational and Vocational Studies 2(9): 776–83. doi:10.29103/ijevs.v2i9.2706.

Nur Uswatun Hasanah, Siti, Dian Indihadi, and Taopik Rahman. 2020. “Analisis Penggunaan Media Sandpaper Letters Untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Ceria 3(4): 1.

Nuria, Ratri. 2018. “Pengembangan Modul Pembelajaran Hidup Sehat Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Golden Age 2(02): 96. doi:10.29408/goldenage.v2i02.1052.

Rahmadani, Fita, Dadan Suryana, and Sri Hartati. 2019. “Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di Tk Islam Budi Mulia Padang.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 6(1): 56. doi:10.24036/104545.

Sari, Dwi Indria, and Ratri Nuria. 2024. “PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EMOTIONAL INTELLIGENCE ANAK USIA 3-4 TAHUN PENDAHULUAN Masa Anak Usia Dini Merupakan Periode Emas Yang Sangat Menentukan Perkembangan Optimal Otak Dan Kemampuan Berpikir Seorang Individu . Peraturan Menteri Pendidikan Dan Ke.” DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 07(02): 74–92.

Sari, Fitria Arum, Ruli Hafidah, and Novita Eka Nurjanah. 2020. “Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Sandpaper Letter Pada Anak Usia 4-5 Tahun.” Kumara Cendekia 8(1): 1. doi:10.20961/kc.v8i1.31894.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v8i1.4844

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.