PENDAMPINGAN DIALOGIS ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI

Suryameng Suryameng

Abstract


Tumbuh kembang anak usia dini berkaitan dengan pemberian nutrisi, pendidikan, latar belakang orang tua, tingkat kesejahteraan keluarga, lingkungan tempat tinggal anak, serta faktor lainnya. Salah satu faktor yang berkaitan dengan kualitas tumbuh kembang anak usia dini adalah pengaruh teknologi.Jumlah keluarga yang memberikan gagdet pada anak berusian 3-8 tahun adalah sekitar 2.660 keluarga. Penggunaan tidak pernah lepas dari pengaruh positif dan negatif. Oleh karena itu perlupendampingan dialogis yang dapat dilakukan oleh orang tua berupapemilihan waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan anak, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak usia dini, sikap orang tua ketika berkomunikasi sejajar dengan anak, dan sesuaikan bahasa yang digunakan oleh orang tua dengan jenis kelompok usia anak. Beberapa cara yang digunakan oleh orang tua agar anak tidak kecanduan dengan gadget yaitu peran orang tua menjadi contoh yang baik bagi anak, tetapkan aturan waktu penggunaan gadget, tetapkan aplikasi apa saja yang bisa dipakai oleh anak, pengawasan orang tua ketika anak diberi gadget, imbangi pemakaian gadget dengan aktivitas yang lain, dan penggunaan gadget tidak boleh menggantikan peran orang tua sebagai guru utama bagi anakKata Kunci: Pendampingan Orang Tua,Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar Sanusi. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta

Bryan S. Turner (2012), Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern, terj. E. Setyawati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Pustaka Bahasa Depdiknas, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Haryanto, Agus Tri. (2020). Data Pengguna Gadget di Indonesia. Diakses tanggal 01 Juli 2020 dari https://inet.detik.com/cyberlife/d-4907674/riset-ada-1752-juta-pengguna-internet-di-indonesia

Hermoyo, R. P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1-21. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/21

Sudjana Nana, Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar BaruAlgensindo

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rachman, D. M. P. (2016). Tantangan mendidik anak di era digital. Retrieved March 10, 2017, from Mungilmu:http://www.mungilmu.com/single-post/2016/10/22/Tantangan-Mendidik-Anak-di-Era-Digital

Radesky, J. S., Schumacher, J., & Zukerman, B. (2015). Mobile and interactive media use by young children: The good, the bad, and the unknown. PEDIATRICS, 135 (1).DOI:https://doi.org/10.1542/peds.2014-2251

Rowan, C. (2013).The impact of technology on child sensory and motor development.Retrieved March, 10, 2017.

Susanto, H. (2017). Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi dari usia dini. Diakses tanggal 01 Juli 2020 dariacademia.edu:https://www.academia.edu/5793332/DAMPAK_POSITIF_DAN_NEGATIF_PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_DARI_USIA_DINI

Theva Nithy (2019)penggunaan smartphone yang aman dan berguna bagi anak. Diakses tanggal 01 Juli 2020 dari https://id.theasianparent.com/agar-smartphone-dan-tablet-lebih-aman-dan-berguna-bagi-anak

Unantenne, N. (2014). Mobile Device Usage Among Young Kids: A Southeast Asia Study. The Asian Parent Insight.Diakses tanggal 01 Juli 2020 dari: https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/tap-sgmedia/theAsianparent+Insights+Device+Usage+A+Southeast+Asia+Study+November+2014.pdf




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v2i2.764

Article Metrics

Abstract view : 1620 times
PDF - 3003 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.