ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN 11 BENUIS
Abstract
Abstrak
Â
Tujuan penelitain ini adalah untuk menganalisis faktor penghambat dalam Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosiaal di SDN 11 Benuis. Metode penelitian yang digunkanan adalah kuantitatif, bentuk penelitian survei. Sampel dari penelitian ini adalah 37 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitin ini Teknik komonikasi tidak langsung, Teknik dokumentasi, Teknik observasi langsung. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Lembar observasi, Lembar kuesioner (Angket), Panduan Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terlihat masih berada pada nilai rata-rata dibawah standar dari nilai yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh lambanya siswa dalam belajar, fasilitas sekolah yang tidak memadai. Faktor-faktor yang meyebakan siswa SDN 11 Benuis mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS terdiri atas Faktor Interen dan Eksteren. Saran bagi siswa hendaknya dapat meningkatkan minat belajar dengan menyadari bahwa belajar merupakan sebuah aktivitas, bagi guru penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan bagi peneliti penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk melihat faktor apa saja yang dapat menjadi pendukung dari keberhasilan belajarsiswa.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS
Full Text:
PDFReferences
Darmadi Hamid, (2010). Kemampuan
Dasar Mengajar.Bandung : Alfa Beta
Slameto (2010) BelajardanFaktor-Faktor
yangMempengaruhi.Jakarta :RinekaCipta
Sugiyono, (2013).MetodePenelitian
Kuantitatifdankualitatif R & D.Bandung : Alfa Beta
Sugiyono, (2011) Setatistika Untuk
Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Nawawi, Handai, (2011) Metode
Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitypress.
Tukiran Effendi Sofian, (2012). Metode
Penelitian Survey.Jakarta : LP3ES
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.925
Article Metrics
Abstract view : 525 timesPDF - 2356 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.