PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pada Anak Usia 5-6 Tahun)

Fransiska Fransiska Fransiska

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19, (2) keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19, (3) hambatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Infoman dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang tua yang bekerja di STKIP Persada Khatulistiwa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Yang paling berperan dalam mendampingi anak belajar di rumah adalah ibu, (2) Keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah tampak dalam kegiatan belajar yang dilakukan selama 30 menit sampai 1 jam meliputi pembelajaran membaca, menulis, berhitung, menggambar, mewarnai, menggunting dan bernyanyi dengan tetap berkoordinasi dengan guru di melalui group whatsapp yang dibuat oleh guru kelas. (3) Hambatan orang tua dalam mendampingi anak belajar adalah orang tua harus melihat mood anak karena anak mudah merasa bosan sehingga anak lebih banyak bermain dari pada belajar.

 

Kata Kunci : Peran Orang Tua, Pandemi COVID-19, Anak Usia Dini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arango, C. (2020). Lessons Learned From the Coronavirus Health Crisis in Madrid, Spain: How COVID-19 Has Changed Our Lives in the Last 2 Weeks. Biological Psychiatry, 1–2. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2020.04.003

Aziz, Safrudin. (2017). Strategi Pemeblajaran Aktif Anak Usia Dini Panduan Bagi Guru, Orang Tua, Konselor, dan Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Cresswel J. W. (2013). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari S. (2016). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lexy J. Moleong. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Marlisa, Lusi. (2016). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Vol. 1. No. 3. 25-38.

Morrison, S.G. (2012). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini (PAUD). Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Indeks.

Novrindra, dkk. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensi PG-PAUD FKIP UNIB, Vol. 2. No. 1. 39-46.

Papalia, dkk. (2009). Human Development (Perkembangan Manusia). Jakarta: Salemba Humanika.

Setyawati, Irma. (2020). Menakar Peran Ibu Di Masa Pandemi. https://republika.co.id/berita/q83311284/menakar-peran-ibu-di-masa-pandemi. (di akses 27 April 2020).

Subarto. (2012). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum Dan Keadilan. Vol. 4. No. 1. 13-18.

Sunarni, Dwi Hayantini dan Tita Rosita. (2018). The Parent Role In Early Childhood Character Building (Descriptive Study At Sps Dahlia Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kab. Sukabumi). Jurnal Empowerment, Vol. 7 No. 2. 319-327.

Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

WHO. (2020). Pertanyaan dan Jawaban Terkait Corona Virus. Retrieved June 9, 2020, from https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.926

Article Metrics

Abstract view : 3681 times
PDF - 2909 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.