PENERAPAN TEKNIK KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI STRES BELAJAR.

Yohanes Berkhmas Mulyadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertolak dari realita anak anak usia Sekolah Dasar yang mengalami stres belajar di tengah pandemi covid 19.Stres dalam belajar adalah perasaan yang dihadapi oleh seseorang ketika terdapat tekanan-tekanan.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik konseling behavioral terhadap anak yang mengalami stres belajar. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui karakteristik anak yang mengalami stres belajar, mengetahui faktor penyebab anak mengalami stres belajar, mengetahui upaya mengatasi anak yang mengalami stres belajar. Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Analisis ini digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami stres belajar akan berpengaruh kepada kesehatan, perilaku, minat dan motivasi belajar. Upaya mengatasi stres belajar pada anak yaitu menggunakan teknik konseling behavioral terbagi atas yaitu latihan Asertif, Desensitisasi sistematis,Pengkondisian aversi danModeling.

 

Kata Kunci : Konseling behavioral, Anak, Stres belajar


Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aryani, F.2016. Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. Palu : Edukasi Mitra Graika

Corey G. (2005) Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

............... (2007). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemahan Oleh Koeswara. Bandung: Refika Aditama.

Gunarsa, S. D. (2000). Psikologi untuk Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia

Gerald. (2013). Case Approach to Counseling & Psychotherapy (8th Ed.). Belmont: Brooks/Cole.

https://dosenpsikologi.com/cara-mengatasi-stres-pada-anak-sekolah

Haywood, C. 2004. Student teachers’ stress and social problem-solving skills. Journal ofcognitive educational and psychology. 3, 342-350.

Hurlock, E.B. 2007. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.(Edisi kelima) Jakarta : Erlangga

Krippendoff, Klaus. 1993. Analisis Isi: Pengantar Teori dan Metodologi.Jakarta: Citra Niaga Rajawali Press.

Latifun. (2001). Psikologi Konseling. Malang: UMM Press

Mulyani. 2006. Stres Management (Yoga). Malaysia : PTS Profesional Publishing Malaysia

Ng Lai On, A. 2004. Teaching children handling study stress. Malaysia: TC Publishing SDNBHD.

Sabarguna, B.S.2005. Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. Jakarta: UI Press

Sanyata, S. (2012). Teori dan Aplikasi Pendekatan Behavioristik dalam Konseling. Jurnal Paradigma, 14, 1-11.

Sarafino, E. P. 2008. Helth psycology:Biopschosicial Interaction (6th ed.). New York: John Wiley & Sons

Surya, M. (2003). Teori-Teori Konseling. Bandung: CV Pustaka Bani.

Yusuf. 2008. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Rosdakarya

Sugiyono,2012.Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D.Bandung: PT. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.927

Article Metrics

Abstract view : 712 times
PDF - 307 times PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.