ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TK SANTA MARIA SINTANG
Abstract
Abstrak
Â
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pengembangan pengenalan angka melalui media gambar pada Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang. Penelitian ini menggunakan metode interpretative yaitu menginterpretasikan dengan cara mengajak anak untuk melihat gambar yang dibawahnya ada tulisan bilangan dan mengajak anak untuk menyebutkan angka apa saja yang terdapat di bawah gambar,  kemudian menuliskannya pada lembar yang telah disediakan oleh pendidik atau guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok TK Santa Maria Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tabulasai data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui analisis kegiatan pengembangan pengenalan angka, anak-anak TK Santa Maria Sintang mampu mengenal angka dengan lebih cepat.Selain itu semakin cepat belajar hal-hal lain dan mampu berpikir kritis. Pengembangan kemampuan mengenal angka dicapai melalui kemampuan mendengar dan mengucapkan, Hal inipun menjadi dasar yang kuat bagi kemampuan anak untuk berhitung.
Â
Kata kunci: Pengenalan Angka, Media Gamba, Anak TK Santa Maria
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ariakuntu. (2009). Menjadi Orang Tua Cerdas Untuk Membangun Karakter Anak. Bandung: Read Publishing House.
Aisay siti. (2007). Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya.(terj). Jakarta: Gramedia
Gordon. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Patmonodewo. (2006). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Sadiman. (2006). Peranan Pendidikan
Non Formal Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Tira Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.928
Article Metrics
Abstract view : 213 timesPDF - 543 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.