ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TK SANTA MARIA SINTANG

Aprilia Sri Kartini

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pengembangan pengenalan angka melalui media gambar pada Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang. Penelitian ini menggunakan metode interpretative  yaitu menginterpretasikan  dengan cara mengajak anak untuk melihat gambar yang dibawahnya ada tulisan bilangan dan mengajak anak untuk menyebutkan angka  apa saja yang terdapat di bawah gambar,  kemudian menuliskannya pada lembar yang telah disediakan oleh pendidik atau guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok  TK Santa Maria Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tabulasai data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui analisis kegiatan pengembangan pengenalan angka, anak-anak TK Santa Maria Sintang mampu mengenal angka dengan lebih cepat.Selain itu semakin cepat belajar hal-hal lain dan mampu berpikir kritis. Pengembangan kemampuan mengenal angka dicapai melalui kemampuan mendengar dan mengucapkan, Hal inipun menjadi dasar yang kuat bagi kemampuan anak untuk berhitung.

 

Kata kunci: Pengenalan Angka, Media Gamba, Anak TK Santa Maria


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ariakuntu. (2009). Menjadi Orang Tua Cerdas Untuk Membangun Karakter Anak. Bandung: Read Publishing House.

Aisay siti. (2007). Panduan Membantu Anak Belajar Dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya.(terj). Jakarta: Gramedia

Gordon. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Patmonodewo. (2006). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sadiman. (2006). Peranan Pendidikan

Non Formal Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Tira Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.928

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.