STIMULASI BERMAIN MATEMATIKA PERMULAAN BAGI ANAK USIA DINI DI RUMAH

Suryameng Suryameng Suryameng

Abstract


Abstrak

 

Studi literatur ini bertujuan mengkaji konsep yang bisa dijadikan sebagai kegiatan untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak, lebih khusus pada matematika permulaan dengan cara bermain dan mengkaji bentuk program yang diberikan untuk anak bermain sambil belajar matematika bersama dengan orang tua di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dan teknik dokumentasi.Hasil kajian literatur ini menggambarkan bahwa dalam mengenalkan konsep matematika permulaan pada anak usia dini melalui aktivitas bermain agar menyenangkan bagi anak. Mengenalkan konsep tentang matematika permulaan harus melalui tahapan-tahapan. Ada delapan tahapan dimulai dari kegiatan mencocokkan, mengelompokkan, seriasi, geometri, pola, bilangan, grafik, dan sampai dengan pengukuran. Kemudian terdapat beberapa program kegiatan bermain dalam mengenalkan konsep matematika permulaan bagi anak usia dini yang dilakukan secara berkala oleh orang tua bersama anak, berupa fun cooking, permainan matematika kreatif, dan berkebun.

Kata kunci: Bermain matematika permulaan, Anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. (2010). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik (edisirevisi). Jakarta: PT RinekaCipta

Bungin, Burhan.2006.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Direktorat PAUD KEMENDIKBUD. 2020. Bermain Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Di Rumah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam NegeriRepublik Indonesia Nomor O1/KB/2O2O,NOMOR 516 Tahun 2O2O, Nomor HK.03.01 /Menkes/ 363/2O2O, Nomor 440-842 Tahun 2020 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2O2O/2O21 dan Tahun Akademik 2O2O/2O2l di Masa Pandemi Corona Virus Disease2019 (COVID-19)

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing

Mirawati. 2017.Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika Bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. (Jurnal Pedagogi,Vol 3, No. 3a, Desember 2017)

Montolalu, dkk. 2010. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Patmonodewo. 2018. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif R & D. Bandung: Alfabeta

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dit.PPTK & KPT, Ditjen D




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.929

Article Metrics

Abstract view : 452 times
PDF - 612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.