MODEL PEMBELAJARAN BCCT BAGI ANAK USIA DINI SESUAI DENGAN TAHAP PERKEMBANGAN

Dian Wahyuningsih

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran BCCT bagi anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya. Anak usia dini disebut sebagai anak golden age yang selalu ceriah, senang bermain dan bergembira. Dalam suasana dan kondisi seperti itu, edukasi yang diberikan bersifat menyenangkan dan menggembirakan. Metode pembelajaran yang diberikan di sekolah harus menyenangkan dan menggembirakan sehingga anak senang di sekolah dan tumbuh dalam kesukacitaan.Salah satu metode pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini yaitu Beyond Center and Circle Time (BCCT) yaitu seluruh proses pembelajaran berpusat pada anak. Pendekatan BCCT bertujuan menfasilitasi anak agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi dan minat yang dimilikinya.Pendidik berperan sebagai motivator dan fasilitator dengan memberikan pijakan-pijakan dalam proses belajar.Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran BCCT menjadikan anak tumbuh dalam potensi dan minatnya.

Kata kunci : Metode pembelajaran BCCT, Anak usia dini, Tahap Perkembangan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian SuatuPendekatanPraktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Standar Nasional Pendidikan ( 2010) Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal.(2012). Petunjuk Pelaksanaan Program Percontohan Ber Ugaq PAUD (Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak). Mataram: BPPNFI Regional VII.

Departemen Pendidika Nasional.(2004). Lebih Juah tentang Sentra dan Saat Lingkaran. Dirjen PLSP. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Depdiknas (2007). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal. Pusat Kurikulum. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Depdiknas (2007). Standar dan Bahan Ajar PAUD Formal. Pusat Kurikulum. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Depdiknas.(2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bidang DIKBUD.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal.

Masruroh, Farhatin. (2011). Aktualisasi kecerdasan verbal linguistik anak usia dini melalui pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) di TK Aba Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Tesis Magister, Tidak diterbitkan, Unversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mendiknas.(2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Mentri Pendidikan Nasional, (2007), Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Morrison, G. S. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (terjemahan). Jakarta: PT. Indeks.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono,2012.Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D.Bandung: PT. Alfabeta.

Suyadi.(2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PEDAGOGI




DOI: https://doi.org/10.31932/jpaud.v3i1.930

Article Metrics

Abstract view : 3432 times
PDF - 790 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.