PELESTARIAN KESENIAN TRADISIONAL KUDA LUMPING SRI RAHAYU SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTERPADA MASYARAKAT DESA SEMUNTAI KECAMATAN SEPAUAK

fusnika fusnika, Suparno Suparno, Salim Hidayanto

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan menunjukan bahwa terdapat fenomena di kehidupan sosial masyarakat Desa Semuntai yaitu terkikisnya nilai karakter masyarakatakhir-akhir ini. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelestarian kesenian tradisional kuda lumping Sri Rahayu  sebagai upaya penguatan nilai karakter pada masyarakat Desa Semuntai Kecamatan Sepauk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunkan teknik observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pertunjukan kesenian kuda lumping Sri Rahayu meliputi tiga tahap yaitu: (a) Pra pertunjukan atau persiapan, yaitu meliputi mempersiapkan makanan sesaji, mempersiapkan tempat pertunjukan, dan persiapan pakaian rias serta pemain. (b) Inti pertunjukan yaitu meliputi penampilan tari pembuka, tari eling-eling, dan tari ricik-ricik (c) Penutup yaitu selesainya pertunjukan tarian kuda lumping, dan para pemain berganti pakaian. 2) Nilai-nilai karakter yang terkandung di dalam kesenian kuda lumping Sri Rahayu meliputi nilai religius, peduli sosial, kreatif, bersahabat, dan cinta tanah air. 3) Upaya yang dilakukan dalam melestarikan kesenian kuda lumping Sri Rahayu yaitu latihan secara rutin, tampil dalam acara-acara tertentu, pembinaan generasi muda sebagai generasi penerus, sertadukungan dari Dinas Kebudayaan, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Semuntai.

Kata kunci: Pelestarian, Kuda Lumping Sri Rahayu, Nilai-nilai Karakter


Full Text:

PDF

References


Lestari, N, B. 2016. “Eksistensi Kesenian Tradisional Kuda Lumping Grup Seni Budaya Binaraga di Desa Ambalkumolo Kecamatan Buluspesantren Kabupaten Kebumen”.Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa_Universitas Muhammadiyah Purworejo. Volume 09 No. 02 Hal 47-59.

Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan Karakter.Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: PT Kanisius.

Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. Konsep &Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Teori dan Analisis Data dalam Prespektif Kualitatif. Yogyakarta: Deeplubish.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter. Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nahak, H. 2019. “Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi”. Jurnal Sosiologi Nusantara.Volume 5 No.1 Hal 165-176.

Sabar, S, S & Wiyono, J. 2018. “Nilai Moral Pada Kesenian Buncis Di Desa Tanggeran Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas”. Jurnal Seni Tari. Volume 7 No. 2 Hal 1-9.

Salahudin, A, & Alkriencienhie, I. 2017. Pendidikan Karakter. Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Cv Pustaka Setia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2017. Metodologi Pendidikan. Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suparno dan Apoy. 2017. “Pelestarian Tradisi dan Seni Daerah Berwawasan Nasional Menuju Masyarakat Perbatasan Ketungau Tengah Malaysia Yang Kompetetif Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Jurnal PEKAN STKIP Persada Khatulistiwa. Volume 2 No.2 Hal 143-160.

Suparno dan Budimansyah, B. 2016.“Peran Nilai-nilai Relegius Kerajaan Sintang Dalam Membina Generasi Muda”.Jurnal PEKAN STKIP Persada Khatulistiwa. Volume 1 No.1 Hal 24-42.

Suparno, dkk. 2020. “Upaya Pelestarian Tarian Zapin dalam Rangka Memperkuat Nilai Karakter Sebagai Pemersatu Bangsa pada Masyarakat Melayu Pesisir Melawi Di Desa Pagal Lebata Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang”. Jurnal PEKAN STKIP Persada Khatulistiwa. Volume 5 No. 2 Hal 223-233.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1460

Article Metrics

Abstract view : 422 times
PDF - 867 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.