IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA OLEH GURU PKN DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 EMPANANGKAPUAS HULU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mardawani Mardawani, Juri Juri, Dominika Santi

Abstract


Dalam Upaya Membentuk Karakter Kebangsaan Siswa Di SMP Negeri 1 Empanang Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Untukmendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila di masa Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan pembinaan di luar jam pelajaran seperti kegiatan ekstrakulikuler, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PKn dalam membentuk karakter kebangsaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai Pancasila oleh guru PKn dilakukan melalui kegiatan pembelajaran PKn dan pembinaan di luar jam pelajaran dengan mengupayakan penerapan setiap sila-sila Pancasila dalam setiap materi sesuai dengan RPP 2) faktor pendukung mewujudkan visi misi sekolah, mewujudkan program 9 K, serta melaksanakan kebijakan yang sudah ditentukan kepala sekolah. Faktor penghambat kurangnya sarana dan prasarana, aktivitas pembelajaran berkurang, kurangnya ketersediaan buku/sumber belajar di perpustakaan sekolah, masih banyak siswa yang tidak memiliki HP serta keterbatasan akses internet dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi Covid-19. 3) menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter kebangsaan siswa melalui ikut kegiatan sekolah seperti pengarahan dari Kepala sekolah dan ikut memperingati hari besar nasional.

 

Kata Kunci: nilai-nilai Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru PKn pancasila, peran guru PKn, karakter kebangsaan


Full Text:

PDF

References


Atmawarni dan Sapta K. 2021. Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembinaan Moral Remaja. Genta Mulia. Vol XII. No 1.

Calam, A. Ainul M. dan Ilham M. 2020. Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 10. No 2.

Dwiputri, F. A dan Dinie A. 2021. Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 5. No 1.

Hariandi, A. dan Yanda I. 2016. Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. JurnalGentala Pendidikan Dasar Vol.1 No. I.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sugiyono. 2015. Memahami PenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1461

Article Metrics

Abstract view : 296 times
PDF - 655 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.