POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBINA KARAKTER REMAJA PEROKOK (STUDI KASUS DI DESA MELANA KECAMATAN SOKAN KABUPATEN MELAWI)

Juri Juri, Suparno Suparno, Maya Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertolak dari keprihatinan peneliti terhadap pergaulan remaja masa kini. Akibat pergaulan yang kurang terkontrol orang tua, akhirnya menyebabkan remaja salah dalam bertindak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi rokok. Harusnya usia remaja dipergunakan untuk menimba berbagi ilmu pengetahuan, baik dengan cara manual maupun bantuan teknologi, bukan malah dihabiskan untuk mengonsumsi rokok. Rokok merupakan ancaman yang cukup serius bagi kalangan remaja. Hal ini dikarenakan di dalam sebatang rokok terdapat beberapa zat adiktif seperti Karbon Dioksida, Nikotin, Tar, Hidrogen sianida, Benzena, Formaldehida, Arsenik, Kadmium dan Amonia. Penelitian ini dipusatkan di Desa Melana Kecamatan Sokan Kabupaten Melawi, dengan permasalahan umum adalah Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Karakter Remaja Perokok. Sementara itu, permasalahan khususnya meliputi (1) Bentuk pola asuh orang tua (2) Peran orang tua dalam keluarga (3) Kendala yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Desa melana kasus remaja perokok cukup significan (60%). Peran orang tua tidak hanya memberikan nafkah kepada anaknya, melainkan memberikan pula kasih sayang dan sebagai tempat anak curhat. Kendala yang dihadapi orang tua meliputi suasana sosial yang memberikan peluang cukup besar bagi kalangan remaja untuk merokok, apabila ada orang tua yang melihat (menemukan) remaja merokok, yang bukan anaknya dan bukan pula sanak saudaranya, tidak ditegur. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Remaja dan Rokok

Full Text:

PDF

References


Djamarah. S.B, 2014. Pola Asuh Orang Tua

Dan Komunikasi Dalam

Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajar. R, 2011. Bahaya merokok. Jakarta:

PT Sarana Bangunan Pustaka.

Fitriyani. L, 2015. Peran Pola Asuh Orang

Tua Dalam Mengembangkan

Kecerdasan Emosi Anak. Vol 18 No

Hendri, 2019 Peran Pola Asuh Orang Tua

Terhadap Pembentukan Konsep Diri

Pada Anak. Vol 2 No 2

Hidayati, M.I. 2014. Pola Asuh Otoriter

Orang Tua, Kecerdasan Emosi, &

Kemandirian Anak SD. Jurnal

Psikologi Indonesia. Vol.3 No.1.

Irhamna, 2019. Analisis Tentang KendalaKendala Yang Dihadapi Orang Tua

Dalam Pembinaan Akhlak Dan

Kedisiplinan Belajar Siswa

Madrasah Darussalam Kota

Bengkulu. Vol 1 No 1

Munir. M, 2018. Pengetahuan dan Sikap

Remaja tentang Risiko Merokok

pada Santri Mahasiswa di Asrama

UIN Sunan Ampel Surabaya. Vol 1

No 2.

Pujileksono. S, 2015. Metode Penelitian

Komunikasi kualitatif. Malang:

Wisma Kalimetro.

Suparno, dkk, 2018. Motivasi Belajar Anak

Keluarga Penerima Manfaat Program

Keluarga Harapan Kabupaten

Sintang. Vol 9 No 2

Suparno, dkk, 2018. Analisis Pemberian

Bantuan Sosial Program Keluarga

Harapan Prestasi Belajar Anak di

Kecamatan Sepauk. Vol 3 No 2

Suparno, dkk, 2020. Upaya Pelestarian

Zapun dalam Rangka Memperkuat

Nilai Karakter sebagai Permasterkuat

Nilai Karakter sebagai Pemersatu

Bangsa pada Masyarakat Melayu

Pesisir Melawi di Desa Pagar Lebata

Kecamatan Serawai Kabupaten

Sintang Vol 5 No 2

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Saebani. B.A, 2014. “Metode penelitian

ekonomi Islam”. Bandung: CV

Pustaka Setia.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian

Pendidikan Pendekatan Kuantitatif

Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tohirin, 2012. Metode penelitian kualitatif

dalam pendidikan dan bimbingan

konseng. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada.

Yusuf, 2008. Psikologi Perkembangan Anak

dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.

https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-inidampak-pola-asuh-permisif-pada-anak

https://aido.id/health-articles/kenali-4-jenis-polaasuh-orang-tua/detail




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1465

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.