IMPLEMENTASI PANCASILA PADA ERA DAN PASCA PANDEMI COVID-19

Ratna Tiara Sari, Dinie Aggraeni Dewi

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan Pancasila pada era dan pasca pandemi Covid-19. Fokus penelitian yaitu implementasi Pancasila. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bentuk implementasi apa saja yang bisa diterapkan pada era pandemi maupun pasca pandemi Covud-19. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnal, buku dan media. Dari penelitian ini maka didapatkan hasil yakni inilai-nilai Pancasila merupakan sumberinilaiidan sumber norma moral bagi penyelenggaraan kenegaraan danipelaksanaanihukumidi Indonesia, terutamaidalam masa pandemi Covid-19 iniidan memasuki kehidupan new normal. Dalam kondisi pandemi saatiiniinilai-nilai Pancasilaimemberikan penyadaranilebih terhadap spiritual, menumbuhkan nilai empati, tenggangirasaidanicinta bagi sesamaimanusia, menjadi perekatibagi persatuanibangsa Indonesia, menjadi penyejuk dalam kita bernegara dan bermasyarakat, dan memberikanikeadilanisosial serta kesejahteraan dalam berkehidupan bernegara.

Kata kunci: Pancasila, Covid-19, Persatuan

 


Full Text:

PDF

References


Setiawan, Kristina. 2020.iUpaya Menerapkan Nilai-nilai Luhur Pancasila Selama dan Sesudah Pandemi Covid-19. Indonesia: Universitas Pelita Harapan. Diakses pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 pukul 11.46 WIB.

Suryani, Nunuk. 2020. Nilai Pancasilaidi Masa Pandemi (Surakarta,iIndonesia: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidkan Universitas Sebelas Maret). Diakses pada Senin 15 Maret 2021 pukul 10.06 WIB.

Agustina, S.iS. 2020.iMenjaga Solidaritas, MencegahiKonflik Akibat Covid-19. https://kompas.id/baca/riset/2020/05/19/menjaga-solidaritas-mencegahkonflik-akibat-covid-19/ Diakses pada hari Selasa tanggal 16 Maret 2021 pukul 10.25 WIB.

Dewan PerwakilaniRakyatiRepublik Indonesia. https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/RJ1-20190425-125010-5297.pdf

Indonesia.go.id,iRedaksi. "Suku Bangsa”. Indonesia.go.id. ihttps://indonesia.go.id/profil/sukubangsa

https://news.google.com/covid19/map?hl=id&mid=%2Fm%2F03ryn&gl=ID&ceid=ID%3Aid i

Manampiring, Henry. Filosofi Teras (Jakarta, Indonesia: PT Kompas Media Nusantara, 2019).

Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi Jakarta,iIndonesia:iDirektorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 2016).

Kemensetneg,iHumas. “PresideniJokowi Ikut KTT LB G20 dari Istana Bogor.” Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia. March, 2020. https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_jokowi_ikuti_ktt_lb_g20_dari_istana_bogor

Febriani,iRizky. “Selamat! Indonesia Peringkat Pertama Negara Yang Paling Murah Hati di Dunia Berdasarkan CAF”. Tribunnews.com. November, 2018. https://www.tribunnews.com/travel/2018/11/09/selamat-indonesia-peringkat-pertama-negara-yang-paling-murah-hati-di-dunia-berdasarkan-caf

Achmadi, Rizal. 2020.iIMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus Pada Angkatan Muda Partai Golkar di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar).




DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1467

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 1006 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.