ANALISIS PANCASILA SEBAGAI DASAR KEMANUSIAAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Artikel ini dibuat agar para pembaca dapat mengetahui bagaimana peran pancasila dalam kemanusiaan dan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian kualitatif. Sebuah solusi agar butir-butir pengamalan Pancasila dari sila ke-2 tidak semakin lenyap untuk menjadi dasar penuntun cara masyarakat agar bisa selalu dan saling memanusiakan manusia adalah dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini dengan mendidik karakter anak dengan mencontohkan apa yang ada di dalam Pancasila dan kita memulai untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa, dan bernegara, anak juga akan meniru untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupannya. Maka dari itu, lewat pendidikan karakter, harapan agar butir-butir pengamalan sila ke-2 Pancasila tidak semakin lenyap dan harapan agar masyarakat bisa semakin sadar untuk memanusiakan sesama manusia yang bisa tercapai.
Kata Kunci: Pancasila, Kemanusiaan, Pendidikan Karakter
Full Text:
PDFReferences
Wijaya, S. (2020, 29 April). Studi Kasus Kemanusiaan Yang Berkeadilan dan Berkeadaban. Diakses pada 17 Maret 2021, dari https://binus.ac.id/character-building/2020/04/studi-kasus-kemanusiaan-yang-berkeadilan-dan-berkeadaban/
Raditya, I. N. (2020, 9 Oktober). Isi Butir-Butir Pengamalan Pancasila Lengkap Sila 1 Sampai 5. Diakses pada 17 Maret 2021, dari https://tirto.id/isi-butir-butir-pengamalan-pancasila-lengkap-sila-1-sampai-5-f5Mw
Soeprapto. (2005). Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara. Jurnal Ketahanan Nasional. X (2).
Gultom, A. (2019). Implementasi Pancasila dalam Menjaga Eksistensi Bangsa. Kajian Ilmu Sosial. Volume 30, Nomor 1.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika. 8 (2).
Asmaroini, A.P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa di Era Globalisasi. CITIZENSHIP: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 4, No. 2.
Somantri, G. R. (2005). MEMAHAMI METODE KUALITATIF. MAKARA, SOSIAL HUMANIORA VOL. 9, NO. 2, 57-65.
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu Vol. 14. No 2.
Andini, M. Pancasila dan Permasalahan Sosial. Jawa Timur: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Widya Yuwana.
Soeprapto, S. (2013). Konsep Muhammad Hatta Tentang Implementasi Pancasila dalam Perspektif Etika Pancasila. Jurnal Filsafat Vol. 23, Nomor 2.
DOI: https://doi.org/10.31932/jpk.v6i2.1469
Article Metrics
Abstract view : 1873 timesPDF - 967 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.