IMPLEMENTASI MARKET DAY UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI DAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KM6

Damiana Theresia Septi Sami, Sapto Purnomo

Abstract


: Program kampus mengajar yang menjadi salah satu inisiatif terkemuka dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di negeri ini telah memberikan kontribusi yang luar biasa. Dalam kampus mengajar angkatan 6 ini menawarkan kesempatan untuk menerapkan inovasi pendidikan khususnya melalui implementasi Market Day. Dari sini rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana program Market Day diimplementasikan dalam program kampus mengajar? (2) Bagaimana meningkatkan keterampilan numerasi dan kemandirian siswa melalui Market Day? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Market Day di kelas dalam program kampus mengajar (2) Mendeskripsikan peningkatan kemandirian siswa melalui Market Day. Metode yang digunakan dalam program Market Day ini yaitu pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Market Day sebagai salah satu program di Sekolah  Dasar  dapat  efektif  dalam  menanamkan  karakter  jiwa  dan  mental  wirausaha  pada  siswa. Melalui  kegiatan  jual  beli  dalam  Market  Day,  siswa  dapat  mengembangkan  beberapa  karakteristik wirausaha yang penting. Kegiatan Market Day dapat membangun karakter kewirausahaan kepada peserta didik diantaranya kreatif, inovatif, dan berorientasi pada masa depan, berani mengambil resiko, percaya diri, bertanggung jawab dan peduli, serta pandai mengelola keuangan. Karakter kewirausahaan ini dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang memotivasi minat peserta didik untuk menjadi seorang wirausahawan.


Full Text:

PDF

References


Aries, A. M. (2022). PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora Vol.1, No.4 Desember 2022, 71.

Ayuningtyas, C. E., & Hidayah, N. (2022). PengembanganPanduan Market Daybagi Anak SD Sebagai InternalisasiJiwa Kewirausahaan. Journalof Food and Culinary Vol. 5, No. 2, Desember 2022, 66.

Badawi. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER KEWIRAUSAHAAN DENGAN KEGIATAN MARKET DAY DI SEKOLAH DASAR SOEKARNO HATTA. Jurnal Elsa, Volume 21 Nomor 1 April 2023, 91.

Dwinata, A., Asmarani, R., Sarumaha, M. S., Hikmah, N., & Pratiwi, E. Y. (2023). Program Market DaySebagai Sarana Pembinaan Karakter Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar. JURNALBASICEDUVolume 7Nomor 4Tahun 2023Halaman2536-2544, 2542.

Lasmiatun, K., Wijayanti, S. N., Afriani, Y., Riatmaja, D. S., Triansya, F. A., & Gani, I. P. (2023). Membangun Jiwa Wirausaha Siswa Melalui Kegiatan Jual Beli (Analisis Kegiatan Market Day). Journal on EducationVolume 06, No. 01, September-Desember2023, 5600.

Munawaroh, I., & Marmoah, S. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN “MARKET DAY” SEBAGAI SARANA PENANAMAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI GAYAM 5. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Purwaningsih, Y., Khasanah, L. N., & Yunus, M. (2023). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Tiga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di SD Negeri 3 Ngabeyan Sukoharjo 2023. Jurnal Abdimas Multidisiplin (JAMU), 35.

Saaadah, S. S., & Nurjaman, A. N. (2023). Membangun Karakter Kewirausahaan Melalui Kegiatan. Daya Nasional Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 21.

Safira, B. I., & Wibowo, D. C. (2023). IMPLEMENTASI POJOK BACA OLEH MAHASISWA KM5 UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. JPPM : Jurnal Pelayanan dan Pemberdayaan Masyarakat, 80.

Semiawan, C. R. (2018). METODE PENELITIAN KUALITATIF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. Jakarta: PT Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31932/jppm.v3i1.3217

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.