Pengaruh LKPD Berbasis Discovery Terhadap Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Google Classroom

Annisa Ranti Syafira, Ellis Salsabila, Swida Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis discovery dalam PJJ dengan Google Classroom dan peserta didik yang belajar PJJ konvensional dengan Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh peserta didik SMA Negeri 98 Jakarta pada tahun ajaran 2019/2020 dengan sampel yang terdiri dari 72 peserta didik di kelas XI. Data yang digunakan diperoleh dari hasil posttest kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis hasil posttest kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis discovery dalam PJJ dengan Google Classroom lebih tinggi dari pada peserta didik yang belajar PJJ konvensional dengan Google Classroom. Oleh karena itu, penggunaan LKPD berbasis discovery dalam PJJ dengan Google Classroom cukup berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sebesar 77,63%.

Full Text:

PDF

References


Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Anggoro, B. S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 11–20.

Dewi, Senja Noviani, T. T. Wijaya, Ayu Budianti, and Euis Eti Rohaeti. 2018. Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas XI SMK Di Kota Cimahi Pada Materi Fungsi Eksponen. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan 2(1):99.

Haeruman, L. D. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA di Bogor Timur. Tesis. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kulsum, Sri Islami, Wahyu Hidayat, Tommy Tanu Wijaya, and Jessica Kumala. 2019. Analysis on High School Students’ Mathematical Creative Thinking Skills on the Topic of Sets. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 03(02):431–36.

Latip, A. 2020. Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi Dan Teknologi, 1(2), 107–115.

Nafisa, D., & Wardono. 2019. Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 854–861.

Restiyani, D. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Rismawati, M. 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear. Tesis.Universitas Negeri Malang.

Schleicher, A. 2018. Insights and Interpretations.

Tresnawati, Hidayat, W., dan Rohaeti, E. E. 2017. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri pada Siswa SMA. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 116–122.

Wijaya, T. T., Aditya Purnama, and Hendry Tanuwijaya. 2020. Pengembangan Media PembelajaranBerdasarkanKonsepTpack Pada Materi Garis Dan SudutMenggunakanHawgent Dynamic Mathematics Software. JPMI – JurnalPembelajaranMatematikaInovatif 3(3):205–14.

Wijaya, T. T., Zhou Ying, Siti Chotimah, Martin Bernard, Zulfah, and Astuti. 2020. Hawgent Dynamic Mathematic Software as Mathematics Learning Media for Teaching Quadratic Functions.Journal of Physics: Conference Series 1592(1).




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1406

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.