Perbandingan Antara Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Media Pembelajaran Power Point, Geogebra, dan LKS Terbimbing Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di SMPN 2 Pamijahan Bogor

Lilis Komariah, Ellis Salsabila, Eti Dwi Wiraningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan representasi matematis antara siswa yang belajar menggunakan model antara model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran power point, GeoGebra, dan LKS terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel penelitian dipilih tiga kelas dari kelas VIII di SMPN 2 Pamijahan Bogor tahun ajaran 2019/2020 yang berdistribusi normal dan homogen. Kelas ekperimen I yaitu kelas VIII-7 mendapatkan perlakuanĀ  model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran Power Point, kelas eksperimen II yaitu kelas VIII-6 mendapatkan perlakuan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran GeoGebra, sedangkan kelas eksperimen III yaitu kelas VIII-1 mendapatkan perlakuan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran LKS terbimbing. Masing-masing kelas eksperimen memiliki jumlah siswa yang sama yaitu 37 siswa. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan model learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran power point lebih tinggi dibanding kelas berbantuan media pembelajaran GeoGebra dan LKS terbimbing, serta kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan model learning cycle 7E berbantuan media pembelajaran GeoGebra lebih tinggi disbanding berbantuan media pembelajaran GeoGebra dan LKS terbimbing

Full Text:

PDF

References


Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMKP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Matematics Education and Science.

Halat dan Peker, 2011. The Impacts of Mathematical Representations Developed Trough Webquest and Spreadsheet Activities on The Motivation of Pre-Service Elementary School Teachers. The Turkish Online Journal of Educational Technology (TOJET), 2(2).

Laelasari, L., Subroto, T., & Karimah, N. I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 7e Dalam Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Euclid. https://doi.org/10.33603/e.v1i2.347

Mafiroh, I., Ertikanto, C., & Wahyudi, I. 2017. Pengaruh Skill Representasi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. 5.

Marius. A., Wedyawati.N., Rismawati, M. 2020. Minat Belajar dan Hasil Belajjar Siswa Kelas V Dengan Pembelajaran Berbantuan Power Point. JUTECH: Jurnal Education and Thecnology, 1(1): 27-39.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics.

Pusvyta Sari. 2019. Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media yang Tepat Dalam Pembelajaran. MUDIR. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(2). http://ejournal.insud.ac.id/index.php/mpi/index

Raudlatuzahrah, P., & Yusepa, B. 2016. Analisis Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Inggris untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Unswagati.

Rismawati, M. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear. Tesis. Universitas Negeri Malang.

Yuli Belfali. 2019. Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 Result Indonesia. In OECD 2019. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1407

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.