Pengembangan Modul Elektronik Matematika pada Bahasan Eksponensial dan Logaritma Menggunakan Pendekatan Saintifik

Rafiqa Nabila Wisnu Kartika, Pinta Deniyanti Sampoerna, Eti Dwi Wiraningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik matematika pada pokok bahasan eksponensial dan logaritma dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X SMA. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang melibatkan lima Langkah, yaitu (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk, dan (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Penelitian dilakukan pada Desember 2020 di SMA IT Al-Halimiyah. Berdasarkan hasil validasi modul elektronik matematika oleh ahli materi dan bahasa diperoleh persentase secara keseluruhan aspek sebesar 84,19% serta validasi ahli media 81,30%. Kemudian, menurut hasil evaluasi guru diperoleh persentase keseluruhan aspek sebesar 89,57%. Pada uji coba lapangan skala kecil diperoleh hasil 94,90% untuk persentase secara keseluruhan. Serta ketika uji coba lapangan skala besar diperoleh persentase sebesar 88,31%.

Full Text:

PDF

References


Andriana, C.A. 2011. Perkembangan Alat Elektronik dan Ketergantungan Pada Teknologi. Online, (http://chyntiadhelia.blogspot.co.id/2011/12/perkembangan-alat-elektronik-dan.html diakses pada 16 November 2016).

Arifin, S dan Adi, K. 2009. Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Jakarta: PT. Grasindo.

Asmani, J.M. 2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.

Atsnan M. F., dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan Pecahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Halaman 429-436. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Indriyanti, N.Y dan Endang, S. 2010. Pengembangan Modul. Online, (http://nurma.staff.uns.ac.id/files/2010/08/teori-pengembangan-modul.doc, diunduh pada 20 Desember 2016).

Lazim, M. 2013. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Online, https://docplayer.info/72741582-Penerapan-pendekatan-saintifik-dalam pembelajaran-kurikulum-oleh-m-lazim.html, diunduh pada 20 Desember 2016).

Nurmayanti, F, dkk. 2015. Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Halaman 337-340. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan site. 2011. Perkembangan Pembelajaran Matematika di Indonesia.Online, (http://pmat.uad.ac.id/perkembangan-pembelajaran-matematika-di-indonesia.html diakses pada 14 November 2016).

Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Online, (https://nanopdf.com/download/metode-penelitian-pengembangan-pembelajaran_pdf, diunduh pada 20 Desember 2016).

Sigit. 2014. Lokakarya School Community Tahun 2014, Pendekatan Saintifik dalam Matematika. Online, http://www.jogjabelajar.jogjaprov.go.id/upload_btkp/file_download/Pendekatan%20 Saintifik%20matematika%20%20Materi%20Bapak%20Sigit%20P4TK%20Matematika.pdf diunduh pada 20 Desember 2016).

Sunadi, L. 2013. Pengaruh Motivasi dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Online, (http://ejournal.unesa.ac.id/article/59 69/53/article.pdf, diunduh pada 19 Desember 2016)

Susilana, R dan Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI.

Susilana, R. 2009. Sumber Belajar dan Pendidikan, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian II : Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Imtima.

Wijayanto dan Muhammad, S.Z. 2014. Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker dengan Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Halaman 625-628. Semarang: Universitas PGRI.

Winarko, A.S, dkk.. 2013. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi) pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Bioedukasi, 6(2):58-75.

Republik Indonesia. 2013. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI tahun 2003, No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1408

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.