Analisis Hasil Belajar Siswa Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Tempunak tahun ajaran 2020/2021 berdasarkan Taksonomi Bloom. SMP N 1 Tempunak sebagai salah satu sekolah yang terdampak pandemi yang terpaksa melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan).  Adapun penelitian ini ditinjau dari ranah kognitif C1-C4 pada Taksonomi Bloom. C1 yaitu ranah kognitif pengetahuan, C2 yaitu ranah kognitif pemahaman, C3 yaitu ranah kognitif pengaplikasikan, dan C4 yakni ranah kognitif menganalisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian diberikan soal-soal dengan indikator C1-C4, dengan persentasi jumlah soal C1 berjumlah 20%, C2 berjumlah 20%, sedangkan C3 berjumlah 40%, dan C4 berjumlah 20%, lalu hasil pekerjaan diri subjek dianalisis dan dideskripsikan pada masing-masing ranah kognitifnya.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas VII A SMP N 1 Tempunak tahun ajaran 2020/2021 pada ranah C1 pada kategori Cukup, C2 pada kategori Baik, C3 pada kategori cukup dan C4 pada kategori baik.a
Full Text:
PDFReferences
Agustina, S., & Patimah, S. 2019. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahi. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 201-208.
Aisyah, P. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. 2018. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025-1036.
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. 2016. Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1-4.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Chatib, M. 2012. Orang tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa.
Dahar, R.W. 2011. Teori- teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif (Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme bagi Guru). Jakarta: AV Publisher.
Fitria, T. N. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 2(1).
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegi panjang Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus pada Kelas VIII. Jurnal Mathe Unnesa, 1(1).
Lipianto, D., Budiarto, M. T., Matematika, J., Surabaya, U. N., Matematika, J., & Surabaya, U. N. 2013. Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).
Purwandari, A. S., Astuti, M. D., & Yuliani, A. 2018. Evaluasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Indomath: Indomanesian Mathematics Education, 1(1), 55–62.
Rahmah, N. 2013. Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.
Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Rismawati, M 2016. Struktur Koneksi Matematis Siswa Kelas X pada materi Sistem Persamaan Linear. Tesis. Universitas Negeri Malang.
.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tasdik, R. N., & Amelia, R. 2021. Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510-521
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1409
Article Metrics
Abstract view : 568 timesPDF - 555 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.