PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK

Melinda Rismawati, Regina Erni

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa kurang memuaskan. Dilihat dari hasil wawancara dengan guru wali kelas III mengatakan ketika pembelajaran berlangsung kebanyakan siswa tidak mau bersunguh-sunguh mendengarkan penjelasan guru, sehingga ketika ditanya berkaitan dengan materi yang telah disampaikan siswa tidak bisa menjawab malah sebaliknya hanya diam.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan alat peraga dekak-dekak mata Pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan kelas III SD 01 Binjai Hulu. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIB berjumlah 23 orang siswa. Untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, soal tes, dan lembar angket respon siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 86,8% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar  94,7%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,2% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 95,6%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dekak-dekak  pada siklus I sebesar 62,6% dan respon siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 71%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penggunaan alat peraga dekak-dekak dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IIIB Sekolah Dasar Negeri 01Binjai Hulu.


Full Text:

PDF

References


Agustinus, H. 2016. Pengaruh Media Dekak FPB Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 28 Tahun ke-5 2016. (journal.student.uny.ac.id. Diakses pada 7 September 2018).

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit PT Raja GrafindoPersada, Rajawali Pers.

Hidayati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Mengunakan Alat Peraga Dekak-dekak pada Siswa Kelas III SD Negeri Sardonoharjo 2 Kecamatan Ngaglik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hutagaol, A.S.R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa SMP. Jurnal vox education. Vol 7. No 2. Hal 14.

Khoiriyah, S.W. 2010. Manfaat Alat Peraga Dekak-Dekak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bagi Siswa Tunarunggu Kelas I SDLB Negeri Tamanwinangun Kebumen. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. (https://digilib.uns.ac.id, diakses pada 7 september 2018).

PERMENDIKNAS Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Rismawati, M. Dan Hutagaol, A.S.R. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang’. Jurnal Pendidikan Perkhasa. Vol.4 , No 1, April 2018. (jurnal.stkippersada.ac.id), diakses pada pada 7 maret 2019)

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sundayana, R . 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1410

Article Metrics

Abstract view : 87 times
PDF - 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.