Pengembangan Pop Up Book Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

YOLANDA AGUSTINI, Nurmaningsih Nurmaningsih, Hodiyanto Hodiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pop Up Book berbasis Problem Solving dalam materi teorema pythagoras untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sanggau yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah 4D. Subjek penelitian ini terdiri dari validator ahli, guru, dan siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Sanggau yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket, soal pretest dan soal posttest.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil validasi Pop Up Book dengan kriteria sangat valid sebesar 93,77%, tingkat kepraktisan Pop Up Book memiliki kriteria sangat praktis sebesar 92,53%,tingkat keefektifan dilihat dari hasil pengerjaan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kriteria sangat efektif sebesar 77,78%. Artinya, terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam kemampuan pemecahan masalah, sehingga dikategorikan efektif. 


Full Text:

PDF

References


Amalia, N., Darma, Y., & Wahyudi, W. 2019. Pengembangan Pop Up Book Smp Berbasis Ideal Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ii, 1(1), 389–398.

Anggraeni, R., & Herdiman, I. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(1), 19–28. https://numeracy.stkipgetsempena.ac.id

Asrianita, F., Fajar, N., Haviz, M., & Delfita, R. 2021. Validitas Media Pembelajaran Pop Up Book Terintegrasi Ayat Al-Quran Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP. 29–32.

BSNP. 2006. Standar Isi : Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408

Hendriana, H., Rohaeti, E, E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurino, Y. D. 2018. Problem Solving Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.706

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92–102. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.508

Mawaddah, S., & Anisah, H. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. 2020. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543

Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang: Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Tatang, H. 2018. Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UPI, 5, 127-138

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Aksara

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru,Karyawan Dan Peneliti Pemula: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v3i2.1417

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.