Aplikasi KOCA-Math Bermuatan Emotion Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi SPLDV
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran aplikasi KOCA-Math Bermuatan Emotion Quotient Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 2 Nanga Pinoh. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D). Hasil penelitian terkait dengan kevalidan setelah dihitung mencapai kategori sangat valid dengan nilai kevalidan media sebesar 87,58% dan nilai kevalidan materi sebesar 87,04%, kemudian tingkat kepraktisan mencapai kriteria sangat praktis dengan hasil angket respon siswa mencapai nilai sebesar 94,47% dan angket respon guru mencapai nilai sebesar 89,6% dengan kriteria sangat efektif. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 87,5% berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran aplikasi KOCA-Math ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kriris siswa.
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL Untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Insight Assessment, 5 (1), 1–30.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian &Pengembangan Research & Development. Literasi Nusantara.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.
Indahini, R. S., Sulton, S., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X SMK. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 141–148.
Izzati, N. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient Pada Pokok Bahasan Himpunan. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 4(2).
Khairullah, M. N. (2018). Identifikasi Tingkat Emosi Mahasiswa Semester Genap Jurusan Akuntansi Dan Pengaruhnya Terhadap Problem Solving Tes Sederhana Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dan Peningkatan Ekonomi Mahasiswa Di Stie Widya Gama Lumajang Tahun Akademik 2017/2018. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 2(2).
KOMINFO. (2017). Survei Pengguna TIK. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Aplikasi Informatika Dan Informasi Dan Komunikasi Publik Badan Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Hlm. 18–19). KOMINFO.
Liberna, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode IMPROVE Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Mullis, I. V., & Martin, M. O. (2019). PIRLS 2021 Assessment Frameworks. ERIC.
Wahyu, W., Maulana, W., Fitrisyah, M. A., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Peran Etika Profesi Guru Matematika Dalam Mengahadapi Tantangan Abad 21. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 156–164.
Wulandari, R. W. R., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2022). Analisis Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv): Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Spldv. Proceedings Of The International Conference On Literacy And Education, 2(1).
Yanti, N. S., & Huda, Y. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android “Appypie” Sebagai Media Pembelajaran. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(4), 114–120.
DOI: https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i1.2319
Article Metrics
Abstract view : 93 timesPDF - 57 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.